Selesai Perbaikan, Rutan Kelas IIB Padang Maksimalkan Penggunaan Mesin X-Ray

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Setelah sempat mengalami kerusakan beberapa bulan lalu dan selesai diperbaiki oleh Tim Teknisi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) pada November lalu.

Tim Penggeledahan Rutan Kelas IIB Padang akan kembali maksimalkan penggunaan mesin X-Ray dan pendeteksi logam sesuai dengan fungsinya.

Hal ini agar dapat terciptanya Rutan Kelas IIB Padang yang Zero Halinar (Handphone, Pungli dan Narkoba).

Kepala Rutan Kelas IIB Padang, Muhammad Mehdi mengungkapkan mesin ini sempat mengalami kerusakan pada bagian monitor, dan beberapa kerusakan pada scanner.

“Mesin ini sempat terhenti akibat kerusakan, kini mesin X-ray dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan sudah kembali dioperasikan di Rutan Padang,” ungkap Karutan Padang Muhamad Mehdi dilansir Jumat (2/12/2022).

Mehdi menjelaskan dengan adanya alat canggih ini, penyelundupan sejumlah barang yang dilarang masuk Rutan seperti Narkoba, Handphone, Kamera, Senjata Api dan Senjata Tajam bisa ditangkal sejak dini.

“Ini menjadi salah satu langkah dalam upaya mendeteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban. Dengan adanya X-ray dan pendeteksi logam ini kita bisa lebih memaksimalkan pengamanan serta memudahkan kerja pengawasan atau pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas,” jelas Mehdi.

Dimaksimalkannya alat x-ray dan pendeteksi logam tersebut dapat memudahkan petugas dalam pencegahan masuknya barang terlarang di Rutan Padang.

“Ini merupakan suatu langkah untuk mewujudkan pemasyarakatan yang Zero Halinar khusunya di Rutan Padang,” imbuhnya.

Sebelumnya, Tim Teknisi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas), PT. Surya Tekno Cemerlang kunjungi Rutan Padang dalam rangka perbaikan alat pemindai x-ray, Kamis (10/11/2022).

Baca JugaJangan Coba Kabur dari Rutan Anak Air Padang jika Tak Mau Bernasib seperti Richard Ini

Kedatangan tim ini sesuai dengan permohonan yang sudah dikirimkan Kepala Rutan Kelas IIB Padang, Muhammad Mehdi saat kerusakan terjadi beberapa bulan yang lalu. [hdp]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist