Selama Sepekan, 4 Gempa Bumi Darat Terjadi di Sumbar dan Sekitarnya

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Stasiun Geofisika BMKG Padang Panjang mencatat tujuh kejadian gempa bumi di wilayah Sumatra Barat (Sumbar) dan sekitarnya, selama sepekan terakhir periode 27 November hingga 3 Desember 2020

Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Geofisika BMKG Padang Panjang, Mamuri menyebutkan, dari tujuh kejadian gempa bumi yang tercatat itu,berkuatan magnitudo 3 hingga magnitudo 5 sebanyak lima kejadian, dan di bawah magnitudo 3 sebanyak dua kejadian.

“Dari tujuh kejadian, lima merupakan gempa bumi kedalaman dangkal dan dua gempa bumi dengan kedalaman menengah,” kata Mamuri kepada Padangkita.com, Jumat (4/12/2020).

Dari tujuh kejadian gempa bumi yang tercatat oleh Stasiun Geofisika BMKG Padang Panjang, lanjut dia, tidak terdapat kejadian gempa bumi dirasakan dan berpotensi tsunami. Sementara empat gempa bumi di antaranya merupakan gempa bumi darat.

Sebagaimana yang dilaporkan, Mamuri merinci, tujuh kejadian gempa bumi itu adalah, gempa pada 27 November, berpusat di 32 km Tenggara Merangin, Jambi, kekuatan magnitudo 3,5. Lalu, pada 28 November, di 55 km Barat Daya Nias Barat, Sumatra Utara (Sumut) magnitudo 3,6, dan 29 November di 32 km Barat Daya Merangin, Jambi magnitudo 3,3.

Baca Juga: Dalam Sepekan, BMKG Padang Panjang Catat 10 Gempa Bumi, Satu Dirasakan Berpusat di Bukittinggi

Kemudian, 30 November di 75 km Tenggara Kepulauan Batu, Sumut, magnitudo 3,1 dan 1 Desember di 12 km Tenggara Abai, Solok Selatan, Sumbar magnitudo 2,3. Selanjutnya, 2 Desember di 4 km Tenggara Talu, Pasaman Barat, Sumbar, magnitudo 2,2, dan terakhir 3 Desember di 34 km Barat Daya Air Haji, Pesisir Selatan, Sumbar, magnitudo 3,1. [pkt]


Baca berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist