Selain Sumbar, Bahasa Minangkabau Juga Banyak Dituturkan di 5 Provinsi Ini

Padang, Padangkita.com – Bahasa Minangkabau merupakan salah satu bahasa daerah yang terdapat di Indonesia. Penutur bahasa ini merupakan suku Minangkabau atau biasa dikenal dengan suku Minang.

Diketahui, suku Minang berasal dari Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), salah satu provinsi yang terletak di sepanjang pesisir Pulau Sumatra.

Dikutip dari laman Bahasa dan Peta Bahasa di Indonesia, bahasa Minangkabau di Sumbar terdiri atas lima dialek, yaitu dialek Pasaman, dialek Agam-Tanah Datar, dialek Limapuluh Kota, dialek Koto Baru, dan dialek Pancung Soal.

Sebagai informasi, dialek Pasaman dituturkan di Pasaman dan Pasaman Barat. Lalu, dialek Agam-Tanah Datar dituturkan di Agam, Tanah Datar, Padang Panjang, Padang Pariaman, Solok, Kota Solok, Solok Selatan, dan Pesisir Selatan.

Kemudian, dialek Limapuluh Kota dituturkan di Limapuluh Kota, Payakumbuh, Sawahlunto, Tanah Datar, Sijunjung, dan Dharmasraya. Selanjutnya, dialek Koto Baru dituturkan di Dharmasraya, sedangkan dialek Pancung Soal dituturkan di Pesisir Selatan.

Dari kelima dialek itu, dialek Agam-Tanah Datar merupakan dialek dengan penutur terbanyak dan memiliki sebaran geografis terluas. Dialek ini digunakan sebagai bahasa umum di pusat kota Sumbar dengan menghilangkan ciri-ciri kedaerahan yang ada pada beberapa subdialek.

Meski demikian, bahasa Minangkabau ternyata tidak hanya digunakan oleh masyarakat di Sumbar, tetapi juga oleh masyarakat di provinsi lain.

Dikutip dari laman Bahasa dan Peta Bahasa di Indonesia, ada lima provinsi di Indonesia selain Sumbar yang banyak penutur bahasa Minangkabau.

Aceh

 

Bahasa Minangkabau di Provinsi Aceh dituturkan di Desa Seruway/Peukan Kecamatan Seruway, Desa Sunting Kecamatan Bandar Pusaka Kabupaten Aceh Tamiang. Lalu, Desa Pisang Kecamatan Labuhan Haji, Desa Lubuk Kayu Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan.

Kemudian, Desa Gosong Telaga Barat, Desa Gosong Telaga Timur, Desa Gosong Telaga Utara, Desa Gosong Telaga Selatan, Kecamatan Singkil Utara Kabupaten Aceh Singkil; dan Desa Gunung Kleng Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat.

Bahasa Minangkabau di provinsi ini terdiri atas tiga dialek yaitu dialek Tamiang dituturkan di Desa Seruway/Peukan; dialek Sunting dituturkan di Sunting; lalu dialek Aneuk Jamee dituturkan di Desa Pisang, Desa Lubuk Kayu, Desa Gosong Telaga Barat, Desa Gosong Telaga Timur, Desa Gosong Telaga Utara, Desa Gosong Telaga Selatan, dan Desa Gunung Kleng.

Sumatra Utara

Bahasa Minangkabau di Sumatra Utara dituturkan di Desa Pangggautan Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal dan Kelurahan Sorkam Kanan Kecamatan Sorkam Barat Kabupaten Tapanuli Tengah.

Riau

Di provinsi ini, bahasa Minangkabau dituturkan di Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kampar, Kota Pekanbaru, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Kuantan Singigi, Kabupaten Indragiri Hilir, dan Kabupaten Indragiri Hulu.

Bahasa Minangkabau di provinsi ini dituturkan dalam lima dialek yaitu dialek Rokan, dialek Kampar, dialek Basilam, dialek Indragiri, dan dialek Kuantan.

Penjelasannya, dialek Rokan dituturkan di Rokan Hilir dan Rokan Hulu. Lalu, dialek Kampar dituturkan di Rokan Hilir, Rokan Hulu, Pekanbaru, Pelalawan, Kuantan Singigi, dan Indragiri Hulu.

Baca Juga: Ragam Bahasa Daerah di Sumbar, Tidak Hanya Minangkabau

Kemudian, dialek Basilam dituturkan di Rokan Hilir, dialek Indragiri dituturkan di Rokan Hulu, Indragiri Hilir, dan Indragiri Hulu, kemudian dialek Kuantan dituturkan di Kuantan Singigi.

Jambi

Bahasa Minangkabau di Provinsi Jambi dituturkan di Desa Pelalawan Kecamatan Pelalawan, Desa Tanjung Raden Kecamatan Danau Teluk, dan Desa Rantau Panjang Kecamatan Batang Asai Kabupaten Sarolangun.

Bengkulu

Bahasa Minangkabau di provinsi ini dituturkan di Kabupeten Muko-Muko. [fru]

Terpopuler

Add New Playlist