Selain ke Sitinjau Lauik, Ini Agenda Kegiatan Andre Rosiade – Erick Thohir di Sumbar Besok

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Anggota DPR RI asal Sumatra Barat (Sumbar) Andre Rosiade akan mendampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam kunjungan kerja ke Ranah Minang, Selasa (20/12/2022).

Adapun agenda Menteri Erick bersama Andre adalah melihat langsung latihan klub Semen Padang FC (SPFC), mengunjungi jalur ekstrem Sitinjau Lauik, dan meresmikan pengaktifan kembali kereta api (KA) Mak Itam di Sawahlunto.

Kemudian, menyaksikan penandatanganan Memorandum of Understandung (MoU) antara Pemkab Agam dengan PT KAI tentang solusi penyelesaian masalah kemacetan di kawasan Padang Luar.

Bersama Andre Rosiade, Erick Thohir akan melihat kesiapan pembangunan jalan layang atau Flyover Sitinjau Lauik yang sudah diperjuangkan oleh anggota Komisi VI DPR RI tersebut. Skema pembangunan melalui Kerja Sama Pemerintah dan Bahan Usaha (KPBU) ini diharapkan bisa dimulai tahun 2023.

“Saya sebagai anggota DPR RI mewakili masyarakat Sumbar mengucapkan terima kasih atas bantuannya untuk Sumatra Barat terhadap pembangunan Flyover Sitinjau Laut dengan metode KPBU dengan Kementerian PUPR,” kata Andre Rosiade Senin, Senin (19/12/2022).

Menurut Andre Rosiade, dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Erick akan bertolak menuju Indarung menyaksikan latihan pemain Semen Padang FC. Berbincang dengan pemain bola dan suporter klub kebanggaan Ranah Minang ini.

“Setelah itu kami akan berhenti di Sitinjau Lauik untuk mengecek lokasi pembangunan flyover dari KPBU Hutama Karya jelang ke Sawahlunto. Di Sawahlunto meresmikan KA Mak Itam, sekaligus penandatanganan MoU antara KAI dengan Bupati Agam untuk mengurai kemacetan di Pasar Padang Luar,” kata Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM).

Erick Thohir bakal meresmikan reaktivikasi jalur kereta api Sawahlunto–Muaro Kalaban. Jarak dari stasiun kereta api Sawahlunto ke Muaro Kalaban sekitar 4 km, sepanjang 828 meter di antaranya berupa terowongan atau lubang kalam.

Jalur ini dibangun tahun 1892 dan sudah sangat lama tidak aktif. Kini, jalur tersebut diaktifkan kembali untuk menjaga aset bangsa sekaligus untuk menunjang wisata kota tambang. Yang akan beroperasi di sana, disebut Mak Itam, loko tua yang bahan bakarnya dari batubara.

Diketahui, Kementerian PUPR sendiri mendukung rencana pembangunan Flyover Sitinjau Lauik untuk mengurangi terjadinya kecelakaan. Skema pembangunan yang saat ini sedang dalam proses penelaahan adalah melalui Kerjasama Pemerintah dan Bahan Usaha (KPBU).

Untuk rencana Flyover Sitinjau Lauik ini, pada tahap pertama untuk kawasan Panorama I, perkiraan dananya Rp1,6 triliun. Proses review desain untuk Panorama I itu untuk exit dan entry-nya karena ada perubahan tikungan.

Baca juga: Andre Rosiade Minta Menteri Erick Thohir Segera Rampungkan Revisi UU BUMN

Setelah itu, Menteri BUMN Erick Thohir juga direncanakan mampir ke Semen Padang FC dan menyapa pemain serta suporter bola kebanggaan masyarakat Sumatera Barat tersebut. Klub ini diproyeksi akan tembus ke liga 1 pada tahun depan. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist