Sejumlah Ruas Jalan di Pasbar Mulai Dibangun Tahun Ini, Hamsuardi: Diupayakan dari Dana Pusat

Penulis: Ahmad Romi
|
Editor: Redaksi

Berita Pasaman Barat hari ini dan berita Sumbar hari ini: Keterbatasan anggaran APBD membuat penanganan jalan rusa berjalan lambat

Simpang Empat, Padangkita.com – Kondisi jalan menuju Jorong Rura Patontang, Nagari Parit, Kecamatan Koto Balingka sangat memprihatinkan. Betapa tidak, jalan itu tidak ubahnya seperti jalan kebun yang belum tersentuh pembangunan. Hanya sepeda motor yang bisa melalui jalan tersebut.

Kondisi jalan tersebut terungkap ketika Bupati Pasaman Barat (Pasbar), Hamsuardi, ke lokasi pada Kamis (20/5/2021) kemarin.

Pada kesempatan itu, Bupati Hamsuardi didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pasbar, Jon Hendri, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Raf’an, tim teknik dari Dinas PUPR dan stakeholder lainnya.

“Karena keterbatasan anggaran APBD, makanya penanganan hal ini (jalan) berjalan lambat. Oleh karena itu, kita sangat berharap bantuan dan perhatian pemerintah pusat,” kata Hamsuardi di Simpang Empat, Jumat (21/5/2021) siang kepada Padangkita.com.

Ia mengatakan, bantuan pusat akan diupayakannya agar dana yang bersumber dari APBN, baik itu Dana Alokasi Umum (DAU) ataupun Dana Alokasi Khusus (DAK) bisa membantu menyelesaikan permasalahan jalan tersebut.

“Tidak hanya daerah ini saja di Pasbar yang membutuhkan perhatian khusus dari pemerintah pusat, masih banyak yang lainnya dan itu akan kita upayakan untuk diselesaikan satu per satu. Mohon doa dan dukungan seluruh masyarakat Pasbar,” ujarnya.

Hamsuardi mengingatkan nantinya pelaksanaan pembangunan di Pasbar harus sesuai dan tepat sasaran. Bagaimana anggaran yang ada saat ini dimaksimalkan untuk masyarakat.

“Pembangunan jalan Rura Patontang ini nantinya akan diperlebar dan sebagian jalan dibeton dengan panjang kurang lebih 4,5 kilometer,” jelas Hamsuardi.

Selain jalan Rura Patontang, ada tiga titik akses jalan yang tahun ini akan dikerjakan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp16 miliar.

Yakni, jalan Simpang Panco senilai Rp3,1 miliar, dan Rp2,4 miliar untuk lanjutan jalan Lembah Binuang menuju Desa Giri Maju sampai ke Desa Sidomulyo. Berikutnya Rp10,4 miliar untuk jalan lintas Batang Lingkin-Padang Tujuh.

Baca juga: Wakapolres Pasbar dan 4 Kapolsek Diganti, Ini Pesan Kapolres Sugeng Hariyadi

“Insyallah ini akan kita bangun tahun ini, bersama sejumlah lokasi lainnya. Mohon doa dan kerja sama semua pihak agar ini dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya,” harapnya. (pkt)

Baca berita Pasaman Barat hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist