Sejumlah Daerah di Sumbar Akan Alami Fenomena Hari Tanpa Bayangan, Ini Penjelasan BMKG

Penulis: Muhammad Aidil

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Kawasan Kota Padang dan sekitarnya diprediksi akan mengalami fenomena hari tanpa bayangan.

Padang, Padangkita.com – Kawasan Kota Padang dan sekitarnya diprediksi akan mengalami fenomena hari tanpa bayangan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan fenomena alam itu akan terjadi pada Sabtu (20/3/2021) mendatang sekitar pukul 16.37 WIB.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang Pariaman, Sakimin mengatakan, fenomena hari tanpa bayangan tersebut selalu terjadi dalam satu tahun sebanyak dua kali.

“Karena (hari tanpa bayangan) itu kan gerakan semu matahari, biasanya terjadi setiap bulan Maret dan September, dua kali dalam setahun malahan, tahun lalu terjadi pada bulan September,” kata Sakimin saat dihubung Padangkita.com via telepon, Rabu (17/3/2021).

Sakimin mengatakan, daerah yang dilalui garis khatulistiwa akan membuat matahari berada di posisi tegak lurus dengan bumi.

“Wilayah yang dekat dengan (khatulistiwa) di Sumbar kawasan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman dan sekitarnya, sehingga daerah terdekatnya juga bisa menjadi imbas, karena posisinya jauh antara bumi dan matahari,” katanya.

Pada saat terjadinya hari tanpa bayangan, posisi matahari akan berada persis di atas kepala atau tegak lurus ketika cuaca sedang cerah.

“Pada saat matahari berdiri tegak lurus itu dinamakan kulminasi utama. Daerah lain di Indonesia itu ada juga (fenomena) serupa yang dilalui garis Khatulistiwa seperti Kota Pontianak di Kalimantan Barat (Kalbar), hanya saja waktunya berbeda pada saat Matahari tepat di garis lintang dan bujurnya,” ucapnya.

Meskipun demikian, kata Sakimin, masyarakat masih bisa beraktivitas seperti biasa tanpa hambatan berarti.

“Hanya saja palingan agak panas, kalau misalnya tidak terjadi penutupan awan, tapi kalau sedang mendung tidak masalah, kalau lagi cerah cuacanya terik. Prediksinya fenomena itu terjadi di kawasan Kota Padang dan sekitarnya pada 20 Maret 2021 sekitar pukul 16.37 WIB, berarti sudah sore, artinya tidak terlalu panas,” tuturnya.

Sebelumnya, sejumlah daerah di Sumatra Barat (Sumbar) telah mengalami fenomena hari tanpa bayangan. Dari data yang dihimpun Padangkita.com, sejumlah daerah yang sudah dilalui fenomena tersebut yakni di Tua Pejat, Kabupaten Kepulauan Mentawai pada Senin (15/3/2021) pukul 12.30 WIB.

Baca juga: Hari Ini Sumatra Barat Akan Alami Hari Tanpa Bayangan

Kemudian menyusul, Padang Aro, Kabupaten Solok Selatan (Solsel) pada Selasa (16/3/2021) pukul 12.23 WIB dan terbaru di Painan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) pada Rabu (17/3/2021) pukul 12.26 WIB. [pkt]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler