Ekonomi

Segera Daftar, Kartu Prakerja Gelombang 14 Dibuka Hari Ini

×

Segera Daftar, Kartu Prakerja Gelombang 14 Dibuka Hari Ini

Sebarkan artikel ini
kartu prakerja gelombang 14
Ils. [Foto: Istimewa]

Jakarta, Padangkita.com – Pendaftaran program kartu prakerja gelombang 14 akan dibuka hari ini, Kamis (11/3/2021) pukul 12.00 WIB.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kemenko Perekonomian Rudy Salahuddin mengatakan kuota program kartu prakerja gelombang ini akan dibuka untuk 600.000 orang peserta.

“Hari ini sudah diumumkan peserta yang lolos gelombang 13, dan besok (hari ini) batch 14 akan dibuka dengan kuota 600.000,” ujar Rudy dalam dialog Perkembangan Program Kartu Prakerja secara virtual, Rabu (10/3/2021).

Di samping itu, Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja mengatakan pihaknya akan memperbaiki fitur dashboard  laman prakerja.go.id pada gelombang 14 ini. Adapun fitur baru tersebut lebih bersifat transparansi.

“Kami berusaha memperbaiki fitur-fitur, yaitu (khususnya) untuk temen-temen yang tidak lolos akan diperbaiki informasinya di dashbord, alasan kenapa temen-temen tidak berhasil menjadi peserta Kartu Prakerja,” kata Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari.

Baca juga: Diskon Tarif Listrik Kembali Diperpanjang Hingga Juni 2021

Ia mengingatkan, calon peserta yang tidak lolos gelombang 12 dan 13 untuk tidak berkecil hati. Sebab, kesempatan masih terbuka lebar pada gelombang 14.

“Teman-teman cukup satu kali klik yaitu join batch 14 untuk kemudian bisa bergabung pada seleksi gelombang ke 14 nanti,” katanya.

Untuk mendaftar, calon peserta bisa langsung membuat akun dan mendaftar dengan login di www.prakerja.go.id.

Sebelum melakukan pendaftaran, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi, di antaranya:

  • WNI berusia 18 tahun ke atas.
  • Pencari kerja atau penganggur (lulusan baru maupun terkena PHK).
  • Pekerja (buruh/karyawan) yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja.
  • Wirausaha.
  • Tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Bukan penerima bansos Kementerian Sosial (DTKS), BSU, maupun BPUM.
  • Bukan TNI/Polri, ASN, Anggota DPR/DPRD, dan lainnya.

Bagi yang sudah pernah menajdi penerima Kartu Prakerja 2020 tidak bisa mendaftarkan diri lagi.

Kemudian, perlu diingat, program kartu prakerja tahun ini diprioritaskan bagi pekerja atau buruh yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak Covid-19. [try]


Baca berita Ekonomi terbaru hanya di Padangkita.com