Sedang Tunggu Durian Jatuh, Warga Solok Tiba-tiba Temukan Kelinci Sumatra

Arosuka, Padangkita.com – Kelinci sumatra ditemukan warga di Hutan Sawah Gadang, Nagari Saniang Baka, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Selasa (7/6/2022).

Ketua Pokdarwis Tangaya Saniang Baka, Eldo Askhia mengatakan, hewan langka tersebut ditemukan oleh empat orang rekannya yang sedang menunggu durian jatuh di sebuah ladang milik warga.

“Ditemukan sekitar pukul 22.00 WIB,” ujarnya saat dihubungi Padangkita.com via telepon, Sabtu (11/6/2022).

Menurutnya, kelinci sumatra berukuran sekitar 45 sentimeter, sebesar badan kucing, dan berjenis kelamin jantan tersebut muncul secara tiba-tiba di hadapan rekan-rekannya tersebut.

“Kelinci ini datang tiba-tiba. Kondisinya sehat. Mungkin sedang mencari makan. Teman-teman saya sama terkejut. Jadi, setelah dilaporkan, kelinci itu ditangkap untuk bisa diteliti,” jelasnya.

Belakangan diketahui, satwa tersebut adalah kelinci sumatra. Eldo menuturkan, ini merupakan kelinci sumatra pertama yang ditemukan di daerah tersebut.

Setelah diamankan oleh rekannya, kelinci itu lalu diserahkan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) setempat agar bisa dirawat.

“Petugas BKSDA pun terkejut soalnya di daerah ini belum pernah ada penemuan kelinci sumatra. Saya sendiri seumur hidup baru pertama kali melihat satwa langka ini,” sebut Eldo.

Baca Juga: Kabar Duka dari Dharmasraya, Harimau Puti Maua Agam Mati Akibat Sakit

Dia berharap, kelinci tersebut bisa segera dirilis agar bisa kembali ke habitatnya. [fru]

Terpopuler

Add New Playlist