Sebut Rizieq Shihab Dapat Perlakuan Diskriminasi, Amien Rais: Jangan Sampai Berkumandang Hayya Alal Jihad

Penulis: Wina

Berita viral terbaru dan berita trending terbaru: Amien Rais ikut beri komentar tentang jalannya persidangan Habib Rizieq.

Padangkita.com – Mantan imam besay FPI habib Rizieq Shihab diketahui telah menjalankan sidang perdananya pada Selasa (16/03/2021) kemarin di Pengadilan Negeri Jakarta timur.

Persidangan tersebut digelar secara virtual. Rizieq dihadirkan secara virtual melalui tayangan live streaming dari ruangan Bereskrim Polri.

Pasalnya, persidangan tersebut berjalan ricuh dan menimbulkan berbagai masalah baru.

Melihat hal itu, Amien Rais, selaku tokoh reformasi ikut mengomentari jalannya persidangan tersebut. Hal tersebut disampaikan Amien Rais di kanal YouTube-nya.

Amien Rais mengatakan, jangan sampai kalimat ajakan Hayya Alal Jihad keluar dari mulut Habib Rizieq karena bisa memunculkan dampak besar.

Amien Rais mengaku miris dan prihatin melihat jalannya sidang yang menurutnya tidak adil bagi Habib Rizieq.

“Apa kita harus seperti ini terus. Jadi semua ahli hukum (sebagian besar) mengatakan pengadilan sesat, hak seorang terdakwa diabaikan sama sekali. Saya kira itu melanggar HAM,” tegas Amien Rais dikutip GenPI.co, Selasa (23/3).

Pendiri Partai Ummat ini menilai Habib Rizieq merupakan salah satu tokoh Islam terkemuka, sehingga dia heran kenapa kriminalisasi terhadapnya terus berjalan bahkan berlanjut sampai pengadilan.

Bahkan, Amien Rais mengungkit kejadian di Khasmir yang jangan sampai terjadi pula di Indonesia yakni berkumandangnya seruan Hayya Alal Jihad.

“Saya cuma ingin menyampaikan, jangan sampai keluar dari lisan Pak Habib Rizieq itu misal ya seperti terjadi di Khasmir. Bagaimana orang India ketika terpojok lantas mengumandangkan Hayya Alal Jihad,” ungkap Amien Rais.

“Ini bukan dalam konteks azan, tetapi dari menara Masjid Khasmir terdengar seperti itu. Menimbulkan keberanian luar biasa, dan ketika kaum muslimin yang terpojok itu bangkit, kemudian seolah sudah apapun dikorbankan baik nyawa dan harta,” tambahnya.

Terpopuler