Sawahlunto Makin Sumringah Garap Pariwisata

Penulis:
Patung sejarah orang rantai, seorang mandor Belanda mengawasi para pekerja tambang batubara. (Foto: Erinaldi)

Padangkita.com – Menggandeng 6 BUMN terkemuka di Indonesia, Kota Sawahlunto semakin serius menggarap dunia pariwisata.

Berlangsung di aula pertemuan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Rabu (20/09/2017), audiensi dan diskusi hangat yang menghadirkan rombongan pejabat di 6 BUMN (PT. Bukit Asam, PT.KAI, Patra Jaya, Hutama Karya, Waskita Karya dan Nindya Karya). Sementara pihak Pemko Sawahlunto hadir sejumlah pejabat terkait.

“Sawahlunto memang serius garap pariwisata, beberapa BUMN siap keroyokan mengucurkan dana untuk membangun pariwisata di Kota Sawahlunto, karena dalam pandangan pemerintah pusat, semangat Sawahlunto membangun pariwisata luar biasa. Ini harus diapresias. Pemko agar segera siapkan PIC dan dokumen perencanaan, kami dan tim akan segera proses dan menindaklanjuti”, ‘ tutur M.Izzan, pejabat di Hutama Karya sebagai ketua rombongan BUMN.

Kerjasama dengan 6 BUMN ini merupakan tindaklanjut dari kunjungan Menteri BUMN Rini Sumarno ke Kota Arang tersebut beberapa waktu lalu.

“Kami turut bangga akan gebrakan BUMN ini dalam rangka akselerasi pembangunan pariwisata di Sawahlunto. Segala dokumen akan segera kami siapkan dalam waktu dekat. Pertemuan ini langkah awal yang strategis, kami mengapresiasi setinggi tingginya dan segera menindaklanjuti dengan instansi terkait,” ulas Asisten II, Asril, dalam sambutannya.

Kepala Dinas Pariwisata, Efriyanto, S.Sos, menambahkan, dipilihnya Sawahlunto sebagai salah satu daerah prioritas pembangunan pariwisata bersama Mentawai dan Pessel merupakan pekerjaan besar yang harus segera dituntaskan.

Dia mengatakan, kucuran dana ini tidak membuat pihaknya lengah,  melainkan makin mempersiapkan diri sebagai daerah pariwisata utama di Sumatera Barat bahkan di Indonesia dengan platform wisata tambang yang berbudaya.

“Pencapaian ini akan terus menambah 3C, Confidence, Credibility dan Callibration terhadap pariwisata Sawahlunto sendiri. Sekaitan dengan dokumen perencanaan, kami akan menyiapkan segala sesuatunya dengan tetap mempertimbangkan aksesibilitas, amenitas dan atraksi dalam menyiapkan pembangunan destinasi pariwisata yang diusulkan,” terangnya.

Sawahlunto mengusulkan pembangunan kawasan Silo, Camping Ground Wisata, Puncak Cemara, Arena Road Race dan Kelok 16 yang penganggarannya akan didukung penuh oleh 6 BUMN terkemuka di Indonesia.

Sawahlunto dengan wisata tambangnya akan bertekad menjadi idola baru dalam pariwisata dan makin dilirik oleh wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Terpopuler

Add New Playlist