Sawahlunto Berhasil Jadi Kota Maju, Dapat Penghargaan dari Gubernur Sumbar

Penulis: Redaksi
|
Editor: Zulfikar

Sawahlunto, Padangkita.com – Kota Sawahlunto berhasil meningkatkan status dari Kota berkembang menjadi kota maju dan mendapatkan penghargaan dari Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah, Selasa (28/12/2021).

Bahkan, status sebagai kota maju itu juga sesuai dengan Keputusan Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Kemendes-PDTT Nomor 398/4/1/2021 tentang status kemajuan dan kemandirian desa.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosPMD-PPA) Kota Sawahlunto, Efriyanto mengatakan, status kota masu itu sesuai dengan klasifikasi Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2021.

“2021 ini, desa di Sawahlunto yang termasuk dalam kategori desa maju sudah ada 12 desa. Sebelumnya, tahun 2020 itu baru 9 desa, dan 2019 hanya 5 desa,” ujar Efriyanto.

Menurut Efriyanto, yang dimaksud sebagai desa maju atau desa pra-sembada merupakan desa yang memiliki potensi sumber daya sosial, ekonomi dan ekologi serta kemampuan mengelolanya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, kualitas hidup manusia dan penanggulangan kemiskinan.

Sementara itu, Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta menyebutkan, keberhasilan Kota Sawahlunto bisa menjadi desa maju menunjukkan gerak pembangunan yang dilaksanakan sudah berjalan baik dan benar sesuai jalurnya, sehingga memenuhi indikator dari pemerintah pusat.

Baca juga: Angka Kemiskinan di Kota Sawahlunto Tahun 2021 Paling Rendah se-Indonesia

“Peningkatan status ini adalah buah dari gerak kebijakan dan program kerja kita bersama. Ke depan tugas kita masih ada, bagaimana mengelola, mempertahankan dan meningkatkan IDM di Sawahlunto ini,” ucap Deri. [*/zfk]

Terpopuler

Add New Playlist