‘Satu Rumah Satu Sarjana’ Misi Paslon Fakhrizal-Genius Umar Tuntaskan Kemiskinan di Sumbar

Penulis: Redaksi

Berita Pilkada Sumbar dan berita Sumbar terbaru: “Satu Rumah Satu Sarjana’ jadi salah satu program unggulan Fakrizal-Genius Umar (FaGe)

Padang, Padangkita.com – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Fakhrizal-Genius Umar (FaGe) menyatakan salah satu cara mengentaskan kemiskinan adalah lewat pendidikan.

Calon Gubernur Sumbar, Fakhrizal mengatakan pendidikan adalah kunci untuk memutus rantai kemiskinan. Dan peran pemerintah harus nyata karena warga kurang mampu sulit untuk menguliahkan anak-anaknya ke perguruan tinggi.

Ia mencontohkan Pemko Pariaman yang dipimpin oleh Genius Umar telah sukses mengirimkan anak-anak miskin dan kurang mampu untuk kuliah ke berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

“Kota Pariaman sudah melakukan dengan mengirimkan banyak anak-anak setempat untuk kuliah ke berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Pendidikan adalah kunci untuk memutus rantai kemiskinan,” ungkap Fakhrizal, Kamis (10/9/2020).

Fakhrizal mengatakan bahwa program Pemko Pariaman tersebut telah dilakukan sejak tahun 2018. Dan telah banyak anak-anak warga Kota Pariaman yang berasal dari keluarga kurang mampu telah dikuliahkan.

“Karena itu, dalam misi kami untuk Sumatra Barat (Sumbar) 5 Tahun ke depan, salah satunya adalah program ‘Satu Rumah Satu Sarjana’,” tambah Fakhrizal yang diusung dari Koalisi Poros Baru, yaitu Partai Golkar, Nasdem dan PKB serta didukung Partai PBB, ditambah 13 kelompok relawan independen.

Baca Juga: Darul Siska Terpilih Jadi Ketua Umum Tim Pemenangan Fakhrizal-Genius Umar

Dirinya menyatakan bahwa program yang telah sukses di Kota Pariaman tersebut akan diterapkan untuk tingkat Sumbar, sehingga angka kemiskinan di Sumbar dapat diturunkan.

Sementara itu, Genius Umar menyatakan optimis dengan program ‘Satu Rumah Satu Sarjana’ ini kemiskinan di Sumbar akan hilang.

“Saya optimis kemiskinan Sumbar bisa hilang melalui pendidikan. Jika di satu rumah tangga ada anaknya yang sarjana, pasti si anak akan banting tulang dan memutar otak, bagaimana keluarganya dapat keluar dari garis kemiskinan,” ujar Genius Umar.

“Program ‘Satu Rumah Satu Sarjana’ juga menjawab dan menaikan rating harga diri keluarga tersebut. Siapa bilang keluarga miskin tidak bisa kuliah dan menjadi sarjana. Kota Pariaman sudah melakukannya dan kini kita akan menjadikan program untuk paslon Fakhrizal-Genius Umar di Pilkada Sumbar 2020,” ungkap Calon Wakil Gubernur Sumbar ini.

Genius Umar terkenal sebagai pemimpin yang penuh inovasi, visioner dan brilian menyatakan program ‘Satu Rumah Satu Sarjana’ akan menjadi prioritas unggulan dari Paslon FaGe.

“Kami siap untuk mewujudkan mimpi dunsanak minang, yang tidak mampu menguliahkan anaknya ke jenjang perguruan tinggi,” tegasnya.

Dalam desain program FaGe tahun 2021, setiap tahun akan ada anak dari keluarga kurang beruntung di Sumbar berkuliah di Perguruan Tinggi di Indonesia.

“Itu semua gratis bahkan dikasih uang saku setiap bulannya,” tambah Genius Umar.

“Untuk program “Satu Rumah Satu Sarjana’ demi memutus mata rantai kemiskinan, saya dan Pak Fakhrizal siap debat terbuka di forum resmi dengan siapa saja. Tidak itu saja FaGe pun siap kontrak sosial dengan masyarakat terkait program ini,” tambahnya.

“Dan program ini akan menjadi virus positif yang menyebar ke seluruh Sumbar jika amanah rakyat sampai kepada kami. Yang terpenting adalah niat dan fokus baik pemerintah bersama dengan DPRD Provinsi nantinya untuk merealisasikannya menjadi program Provinsi Sumbar,” tukasnya lebih lanjut.

Genius Umar menuturkan untuk pelaksanan di Kota Pariaman, pihaknya bekerjasama dengan sejumlah politeknik untuk menguliahkan mereka. Selain itu Pemko Pariaman juga menjalin kerjasama dengan sejumlah industri, sehingga para lulusannya bisa langsung dapat kerja.

“Dari yang sudah berjalan, ternyata hasilnya luar biasa, anak-anak yang kita kirim, ternyata indeks prestasinya bagus-bagus, bahkan ada yang IP nya 3,8. Nah, bagi yang IP nya di atas 3,75 kita tambah lagi satu juta rupiah lagi sebagai apresiasi dari pemerintah,” tutupnya. [*/abe]


Baca berita Pilkada Sumbar terbaru dan Berita Sumbar hanya di Padangkita.com.