Satpol PP Padang Tertibkan Belasan Peminta-minta yang Beraksi Jelang Lebaran

Padang, Padangkita.com – Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) Padang menertibkan 16 orang peminta-minta yang beraksi jelang Lebaran di jalan-jalan Kota Padang, Jumat (29/4/2022).

Kasatpol PP Padang, Mursalim mengatakan, belasan orang tersebut tersebut terdiri atas pengemis, anak jalanan, badut, manusia silver, dan sebagainya.

Dia menuturkan, pelaku meminta-minta tersebut akhir-akhir ini menjamur di jalan-jalan protokol serta di perempatan lampu merah di Kota Padang.

Hal tersebut dikeluhkan masyarakat karena mengganggu kenyamanan mereka berlalu lintas sehingga perlu ditertibkan.

“Kita sudah koordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) Padang. Jadi, anggota intens melakukan patroli dan pengawasan setiap hari terhadap anak jalanan, pengemis, badut, dan lainnya di Kota Padang. Setiap yang ditertibkan kita lakukan pembinaan di Dinsos,” ujarnya.

Dalam penertiban itu, Satpol PP juga menemukan satu orang ibuk bersama anak laki-lakinya yang masih kecil menjadi pengemis di jalanan, dan tinggal di salah satu taman kota.

“Anak dan ibuk itu kita amankan di taman bawah Jembatan Siti Nurbaya. Sebelumnya Satpol PP juga sudah pernah menertibkan mereka dan juga sudah pernah dilakukan pembinaan oleh Dinsos Padang. Namun, menjelang Lebaran ini, dirinya kembali hidup di jalanan,” jelas Mursalim.

Mursalim belum tahu pasti, apa penyebab sehingga sang ibuk ini kembali menjadi peminta-minta.

Baca Juga: Sidak Jelang Lebaran, Wako Padang Temukan Produk Makanan Tanpa Tanggal Kedaluwarsa

“Kita belum mendalaminya, karena menjelang Lebaran semua marak turun ke jalan mengharapkan belas kasihan. Tentu jika masyarakat resah, mereka kita amankan dan kita kirim ke Dinsos untuk dibina sesuai aturan,” tegasnya. [fru]

Terpopuler

Add New Playlist