SAR Siagakan Tim untuk Amankan Natal dan Tahun Baru di Mentawai

Siaga SAR Khusus Nataru

Penulis: Redaksi
|
Editor: Zulfikar

Tuapejat, Padangkita.com – Tim Pencarian dan Penyelamatan atau Search and Rescue (SAR) Kelas B Kabupaten Kepulauan Mentawai siapkan dua posko untuk pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru di daerah itu.

Selama libur Natal dan Tahun Baru, tim SAR akan terus berpatroli di beberapa titik di Kepulauan Sipora, yang dimulai sejak Jumat (18/12/2020) sampai Senin (4/12/2020).

Kepala Kantor SAR Kelas B Mentawai, Akmal menyebutkan, bahwa untuk di luar pulau Sipora, meliputi Pulau Siberut, Pulau Pagai Utara dan Pulau Pagai Selatan akan tetap dimonitor oleh tim.

“Posko siaga SAR kita ada di dua tempat, yaitu di Kantor SAR Mentawai dan di Dermaga Tuapejat yaitu KN SAR Ramawijaya 240 Mentawai, masyarakat juga bisa melapor langsung ke posko tersebut,” ujar Akmal dikutip dari situs resmi Pemkab Mentawai, Senin (21/12/2020).

Menurut Akmal, di Sipora tim akan patroli di 6 titik, yaitu di Dermaga Tuapejat, Pantai Jati, Pantai Mappadegat Selatan, pantai Goiso’ Oinan, Bandara Rokot dan Dermaga Sioban.

“Dalam operasi itu, kita juga akan terus berkoordinasi dengan stakholder terkait,” ungkapnya.

Lalu, kata Akmal, untuk wilayah lain di Mentawai, akan tetap dimonitor.

Sementara, untuk perahu dan perlengkapan yang disiagakan yaitu KN SAR Ramawijaya 240 Mentawai, RIB 01 dan 02 Mentawai, Perahu Karet, Jetsky, alat selam, Rescue Truk, Rescue Dymex, Rescue Carrier, Truk Personil, Motor Trail.

Baca juga: Pendakian Gunung Talang Ditutup Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Kemudian, alat mountenering, peralatan medis, alat komunikasi dan bantu navigasi serta perlengkapan protokol kesehatan Covid-19.

“Sebanyak 24 personel kita terjunkan, termasuk pimpinan, staf, rescuer dan ABK,” katanya. [*/zfk]


Baca berita Mentawai terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler