Sambut Program IKIP, Komisioner KI Sumbar Luncurkan Buku Panduan

Penulis: Muhammad Aidil

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: KI Sumbar meluncurkan buku panduandi tengah penggodokan IKIP.

Padang, Padangkita.com – Komisioner Komisi Informasi (KI) Sumatra Barat (Sumbar), Tanti Endang Lestari meluncurkan buku panduan di tengah penggodokan Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP).

Penggodokan IKIP tersebut melibatkan kelompok kerja (Pokja) di setiap provinsi di Indonesia. Pokja berisikan sejumlah komisioner KI dan kalangan akdemisi yang memiliki perhatian kepada keterbukaan informasi publik.

Meskipun dalam tahap penggodokkan dan penyelesaian akhir, Komisioner KI Sumbar, Tanti Endang Lestari sudah membuat buku panduan terkait IKIP.

Ia mengatakan, buku tersebut menjadi panduan bagi badan publik untuk melakukan indeks keterbukaan informasi publik.

“Buku ini memuat pengalaman monitoring dan evaluasi (monev) dan ketentuan yang diterbitkan KI Pusat,” kata Tanti dalam rilis yang diterima Padangkita.com, Senin (15/2/2021).

Buku panduan tersebut, kata Tanti akan dikolaborasikan dengan gagasan yang dilahirkan oleh Pokja yang tengah membahas IKIP tersebut.

“Selain bentuk offline, buku ini nantinya akan ada versi e-book juga,” katanya.

Tanti mengatakan, IKIP merupakan program anyar KI Pusat dengan melibatkan KI se-Indonesia dan pakar keterbukaan dari perguruan tinggi se Indonesia. Untuk Sumbar, selain lima Komisioner KI Sumbar pihak lain yang juga dilibatkan yaitu, akademisi Eka Vidya Putra dari Universitas Negeri Padang (UNP) dan Syamsurizaldi dari Universitas Andalas (Unand).

Baca juga: Peserta Kecewa Seleksi Tenaga Ahli KI Sumbar Dinilai Tidak Transparan, Pansel: Silakan Lapor ke Ombudsman

“IKIP menjadi penjabaran dari visi Presiden Joko Widodo untuk memastikan keterbukaan informasi publik di seluruh Indonesia memiliki indikator dan ukurannya,” tuturnya. [pkt]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist