Rutan Anak Air Padang Gelar Pesantren Ramadan dan Lomba Azan Bagi Tahanan

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Pesantren ramadan dan lomba azan di Rumah Tahanan (Rutan) Anak Aia Padang untuk para tahanan.

Padang, Padangkita.com – Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Anak Air Padang menggencarkan kegiatan keagamaan selama Ramadan 2021 bagi para tahanan. Kegiatan keagamaan tersebut seperti baca Al-Quran, tahfiz, dan Pesantren Ramadan.

“Selain program baca tulis Al-Quran, nanti juga ada pesantren. Ada juga jam-jam untuk baca Al-Quran. Sekaligus nanti setelah salat tarawih, beberapa orang akan menyetor hafalan Quran, dan menamatkan membaca Al-Quran,” ujar Kepala Ruyan Klas II B Padang, Muhammad Mehdi, Senin (12/4/2021).

Dia menjelaskan, untuk Pesantren Ramadan, pihak rutan akan berusaha meningkatkan jumlah peserta yang akan berpartisipasi.

“Kalau hari biasa sebelumnya ada 15 orang. Tapi ini akan kita tingkatkan. Semuanya akan bergiliran. Jumlah tahanan kita ada 749 orang,” jelasnya.

Mehdi mengungkapkan Rutan Klas II B Anak Air Padang juga akan menggelar lomba antar-blok. Lomba yang digelar seperti lomba ceramah dan azan bagi para tahanan.

Selain itu, tambah dia, pihak rutan juga akan menggelar salat tarawih bagi tahanan. Salat tarawih digelar secara bergantian kepada para tahanan. Hal tersebut karena kapasitas masjid yang terdapat di rutan tersebut tidak bisa menampung seluruh tahanan menjalankan alat tarawih berjemaah.

Meski demikian, bagi tahanan yang tidak bisa salat tarawih di masjid, maka bisa salat tarawih di kamar. Untuk penceramah, pihak rutan bekerja sama dengan Kementerian Agama agar bisa menyediakan.

Baca juga: Kunjungan Tatap Muka di Rutan Padang Panjang Diganti Sistem Daring

Dia berharap peningkatan kegiatan keagamaan selama Ramadan bagi tahanan di Rutan Klas II B Padang bisa membawa dampak positif bagi para tahanan. [pkt]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler