Rusunawa Painan Ditutup Sebagai Tempat Karantina Pasien Covid-19, Ini Penjelasan Satgas

Penulis: Redaksi

Berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini: Tim Satgas Penanganan Covid 19 Kabupaten Pesisir Selatan menonaktifkan fungsi Rusunawa

Painan, Padangkita.com – Tim Satgas Penanganan Covid 19 Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) menonaktifkan fungsi Rumah Susun Sewa (Rusunawa) sebagai tempat isolasi warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Rusunawa ini tidak aktif lagi sebagai karantina pasien Covid-19 sejak awal tahun 2021. Penyebabnya, banyak warga yang menjalani isolasi mandiri di rumah, dan tim Satgas di tingkat nagari dan kecamatan juga diminta untuk menyediakan ruang isolasi di tiap-tiap wilayah.

“Hal ini kita terapkan, karena pusat penanganan Covid-19 akan lebih terpusat di tingkat nagari dan kecamatan,” jelas Rinaldi, Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Pessel selaku Juru Bicara Satgas Penanganan Covid 19 Pessel, Rabu (17/2/2021).

Guna mendukung penyediaan ruang isolasi serta peranan tim Satgas di tiap-tiap nagari dan kecamatan, maka pemanfaatan anggaran bisa dilakukan melalui dana desa yaitu, sebesar delapan persen dari total dana desa yang diterima nagari.

“Iya, penanganannya bisa lebih teringrasi di nagari dan kecamatan. Kalau soal anggaran, masing-masing nagari bisa memakai dana desa sebesar 8 persen dari total anggaran yang diterima. Sementara di kecamatan rencananya juga ada melalui anggaran refocusing,” jelasnya.

Rinaldi menyampaikan penanganan Covid-19 memerlukan upaya semua pihak. Kemudian, menerapkan protokol kesehatan secara ketat terlebih bagi pasien Covid-19 yang tengah melakukan isolasi mandiri di rumah.

Satgas mencatat hingga Rabu (17/2/2021) jumlah kasus aktif Covid-19 sebanyak 115 orang. Dari total itu, 100 orang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Sementara 15 orang lainnya dirawat di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di kota Padang dan RSUD M Zein Painan.

Baca Juga: Rusunawa Painan Selatan Jadi Tempat Isolasi COVID-19

Sementara jumlah kasus Covid-19 secara kumulatif mencapai 1.211 orang, telah sembuh 1.058 dan meninggal dunia sebanyak 38 orang. [pkt]


Baca berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist