‘Rumus 3 Detik’, Cara Ampuh Meminimalisir Kecelakaan Beruntun di Jalan Tol 

Penulis: Isran Bastian

Padang, Padangkita.com – Bisa saja. Ketika sedang mengemudikan kendaraan di Jalan Tol kita sudah berupaya untuk fokus dan berhati-hati mengemudikan kendaraan, tapi siapa sangka kendaraan didepan menghentikan laju kendaraannya dengan mendadak, sehingga sulit dihindari dan terjadilah tabrakan beruntun hingga mobil di belakang yang ikut menabrak.

Selain kita harus tetap “Jaga Jarak Aman” dengan kendaraan lain ada juga rumus perhitungan waktu untuk meminimalisir dan terhindar dari bahaya kecelakaan yang dikenal dengan “Rumus 3 Detik”.

Kecelakaan beruntun di wilayah Indonesia belakangan kerap terjadi lagi. Baik di jalan tol ataupun jalan umum biasa. Yang terbaru adalah di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, yang menewaskan lima orang dan belasan lagi laku-luka.

Untuk wilayah Pulau Sumatera, potensi kecelakaan beruntun ataupun kecelakaan tunggal juga berpotensi besar terjadi di sepanjang ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang saat ini sebagian sudah dioperasikan. Untuk itu tetaplah hati-hati dalam berkendara, karena lengah sedikit nyawa melayang.

Kembali ke cara pencegahan kecelakaan. Pada umumnya setiap pengendara akan bereaksi berdasarkan persepsi dan informasi dari keadaan yang sedang dialami.

Perhitungan waktu pada waktu 1,5 – 2 detik yakni lama waktu persepsi manusia selaku pengendara dalam mengemudikan kendaraannya dan melihat kendaraan lain di depannya pada saat melakukan pengereman mendadak.

Selanjutnya pada waktu 0,5 – 1 detik, dimana seorang pengendara mendapatkan reaksi secara cepat untuk menghentikan kendaraan dengan tenang sesuai jarak aman berkendara agar tidak menabrak kendaraan di depannya yang sudah melakukan pengereman secara mendadak.

Penghitungan rumus 3 detik tersebut diharapkan untuk tetap menjaga jarak aman saat mengerem kendaraan mendadak, sehingga kendaraan tidak langsung menabrak kendaraan di depan, begitupun kendaraan di belakang yang juga menjaga jarak dengan aman.

Dibutuhkan fokus yang cukup tinggi saat berkendara di Jalan Tol serta jangan lengah saat sedang mengemudikan kendaraan. Pastikan kendaraan dalam kondisi aman dan tetap patuhi aturan berkendara dengan benar.

Baca Juga : Jalan Tol Terpanjang di Indonesia yang Bakal Dijual Ternyata Termasuk Tol Trans Sumatera 

Kalau lelah jangan paksakan mengemudi ya sobat, istirahat sejenak lalu lanjutkan perjalanan. Utamakan Keselamatan Bukan Kecepatan, Setuju untuk Selamat Sampai Tujuan. [*/Pkt]

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist