Rumah Warga Berumur 100 Tahun Ludes Terbakar di Lubuk Jantan, Lintau Buo Utara Tanah Datar

Penulis: Agg

Berita Tanah Datar hari ini dan berita Sumbar hari ini: Satu rumah di Lubuk Jantan Lintau Buo Utara terbakar, dihuni seorang nenek bernama Tilena, 100 tahun dan anaknya, Sukarni, 75 tahun.

Batusangkar, Padangkita.com – Satu rumah di Jorong Cempaka, Nagari Lubuk Jantan, Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar ludes terbakar malam ini. Tim pemadam kebakaran awalnya sempat terkendala ketika berusaha menjinakkan si jago merah.

Warga setempat awalnya sudah berusaha semampunya dengan menggunakan alat seadanya sebelum pemadam datang ke lokasi. Namun, upaya itu kalah cepat oleh api yang sudah membesar.

Tidak banyak barang korban yang mampu diselamatkan warga, karena saat terlihat api sudah langsung membesar. Meski begitu, beruntung pemilik rumah yang berumur 75 tahun bersama ibunya yang berumur 100 tahun dapat segera diungsikan.

Pantauan di lokasi kejadian, warga maupun pengendara yang melintas berusaha memadamkan api dengan menggunakan alat yang ada. Sebaian berusaha mencegah agar api tidak merembet ke rumah sebelah.

Masyarakat yang mengetahui kejadian berbondong-bondong datang ke lokasi. Hanya saja tidak banyak yang bisa diperbuat selain mengabadikan melalui kamera handphone.

Meski awalnya pemadam dari unit Lintau Buo datang lebih awal,  namun sayangnya,  pompa dari mobil tidak bisa beroperasi maksimal, sehingga air untuk pemadaman pun terkendala.

Warga dan petugas tetap berusaha memadamkan api dengan semampunya. Beruntung, tidak berapa lama satu unit mobil pemadam dari Sijunjung datang. Barulah pemadaman dapat dilakukan. Akhirnya, bantuan satu unit mobil damkar dari posko Batusangkar juga datang. Pemadaman dapat dilakukan sekira pukul 22.15 WIB.

Wali Nagari Lubuk Jantan Mukhlis yang ditemui di lokasi mengatakan,  saat kejadian pemilik rumah yang bernama Sukarni, 75 tahun berada dalam rumahnya bersama sang ibu Tilena, 100 tahun yang sudah sakit-sakitan.

Keduanya segera dievakuasi terlebih dahulu oleh warga dan tetangga terdekat. Barulah kemudian sebagian warga lainnya berusaha menyelamatkan barang-barang milik korban meski tidak banyak yang bisa dikeluarkan.

“Kendalanya itu tadi, saat mobil damkar datang yang awal, pompanya bocor,  sehingga banyak air yang keluar dari pada yang disiram,” ujarnya.

Kejadian ini mendapatkan respons cepat dari warga yang sangat ramai datang ke lokasi. Bahkan Bupati Tanah Datar Eka Putra didampingi Asisten Dua Edi Susanto juga langsung datang ke lokasi.

Bupati yang menerima informasi kondisi korban langsung menyambangi korban yang sudah diungsikan ke rumah tetangga untuk memberikan semangat. Sedangkan terkait mobil yang rusak langsung dicek oleh bupati.

Baca juga: Kebakaran di Saruaso Timur Tanah Datar, 2 Unit Rumah Jadi Arang

Api baru dapat dipadamkan sekira pukul 22.20 setelah tiga unit mobil damkar bersama belasan petugas dibantu warga berjibaku memadamkan api. [pkt]


Baca berita Tanah Datar hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler