Rumah Kemasan Diminta Penuhi Kebutuhan Kemasan Porduk UMKM Tanah Datar

Penulis: Redaksi

Batusangkar, Padangkita.com – Rumah Kemasan, salah satu bidang usaha Perumda Tuah Sepakat Tanah Datar, yang memiliki peralatan diharapkan memberikan manfaat kepada masyarakat, khususnya usaha kecil, mikro dan menangah (UMKM).

“Rumah kemasan ini memiliki alat percetakan hampir semua bidang cetakan, namun kenapa belum maksimal dimanfaatkan,” kata Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, ketika meninjau Rumah Kemasan, Jumat (26/11/2021).

Menurut Richi, Rumah Kemasan yang terletak di Jorong Kubu Rajo, Nagari Limo Kaum itu, bisa menjawab kebutuhan pelaku UMKM di Tanah Datar.

“Kemasan produk untuk UMKM kita bisa diproduksi di sini, kenapa harus pesan ke Jawa, kan bisa lebih hemat biaya produksi, lagian kualitasnya tidak kalah kok,” kata Richi.

Richi menambahkan, Rumah Kemasan yang berada di bawah Perusahaan Umum Daerah (Perumda) sedianya memang bertujuan mencari laba atau keuntungan, namun tentunya yang utama adalah membantu UMKM Tanah Datar.

“Kalau dikelola dengan baik dan bekerja sama dengan pihak percetakan, saya yakin Rumah Kemasan akan mampu hidup dan bahkan menyumbang Pendapatan Asli Daerah. Namun yang utama adalah keberadaannya membantu dan dirasakan UMKM di Tanah Datar,” katanya.

Kepada pihak Rumah Kemasan, Richi meminta untuk bisa memasarkan kehadirannya dan menjaga kualitas pekerjaannya serta berinovasi sesuai tren terbaru yang dibutuhkan masyarakat.

Sementara Direktur Perumda Tuah Sepakat Arismen yang membawahi Rumah Kemasan, menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Wakil Bupati.

“Pemerintah Daerah sebagai pemilik modal harus mengetahui kondisi di lapangan, kunjungan ini juga menjadi motivasi bagi kami agar ke depan bisa lebih baik lagi,” ujarnya.

Arismen menyebutkan, selepas Rumah Kemasan diserahkan pengelolaannya ke Perumda, tidak lama berselang pandemi Covid-19 melanda, sehingga UMKM sebagai pendukung utama juga ikut merasakan dampaknya.

Baca juga: Sukses BUMNag Baringin Saiyo Bermitra dengan Masyarakat Beternak Sapi Diapresiasi Wabup Richi

“Ini menjadi faktor utama mengapa Rumah Kemasan tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya, ke depan Insya Allah Rumah Kemasan akan bangkit lagi seiring dengan bangkitnya UMKM di Tanah Datar,” katanya. [djp/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist