Ruko dan Rumah di Tanah Datar Terbakar, Bupati Ingatkan Warga Tingkatkan Kewaspadaan

Penulis: Agg

Berita Tanah Datar hari ini dan berita Sumbar hari ini: Kebakaran kembali terjadi di tanah Datar pada Senin (12/4/2021).

Batusangkar, Padangkita.com – Kebakaran kembali terjadi di tanah Datar pada Senin (12/4/2021). Kali, ini satu rumah di Jorong Tangah 20, Nagari Padang Laweh, Malalo yang dilalap si jago merah.

Rumah yang terbakar adalah milik Indra Yani, 47, yang bekerja sebagai pedagang. Diduga, penyebab kabakaran yang diketahui sekira pukul 10.50 WIb itu, disebabkan korsleting listrik.

“Penyebab kebakaran yang meludeskan bagian dapur rumah berukuran 8×15 meter itu, diduga berasal dari korsleting listrik. Kerugian diperkirakan lebih kurang Rp50 juta,” ujar Plt Kabid Damkar Tanah Datar, Nusyirwan,

Untuk memadamkan api, lanjut dia, diturunkan satu unit mobil damkar dari Posko Batipuh, dibantu satu unit dari posko Batusangkar, dan satu unit dari Padang Panjang.

Sebelumnya, pada Minggu (11/4/2021), kebakaran juga melanda Ruko di Pasar Simabur, Jorong Simabur, Nagari Simabur. Diketahui terjadi sekira pukul 07.15 WIB. Kebakaran ini diduga dipicu oleh api kompor.

“Pemilik ruko sedang memasak dengan kompor minyak, kemudian ditinggalkan pemiliknya. Saat ditinggalkan itu api ternyata membakar bagian dapur. Masih untung bagian dinding dapur beton tidak banyak dari kayu sehingga api tidak begitu cepat ke bagian lain,” ujar Nusyirwan.

Untuk memadamkan api, sebut Nusyirwan yang juga Kasi Ops Satpol PP Dinas Satpol PP dan Damkar itu, setidaknya diturunkan dua unit armada pemadam bersama 14 petugas.

Bupati Ingatkan Warga Tingkatkan Kewaspadaan

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra mengingatkan warga untuk lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana kebakaran dan bencana lainnya.

Terpopuler