Berita

Ruas Tol Baru Sepanjang 126,43 Km Digratiskan Selama Momen Nataru 2023/2024, Ini Rinciannya

×

Ruas Tol Baru Sepanjang 126,43 Km Digratiskan Selama Momen Nataru 2023/2024, Ini Rinciannya

Sebarkan artikel ini
Jalan Tol Indralaya – Prabumulih. [Foto: Dok. Hutama Karya]

Padang, Padangkita.comKabar gembira untuk yang akan melakukan perjalanan darat saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Ada 5 ruas tol baru yang bisa dilewati secara gratis, khususnya di Pulau Sumatra.  

Mengutip Badan Pengatur Jala Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), 5 ruas tol baru yang masuk jaringan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) yang akan dioperasikan secara gratis selama momentum Nataru mencapai 126,43 km.

Berikut rincian 5 tol baru yang akan dioperasikan gratis selama momen Nataru tersebut:

1. Jalan Tol Indralaya – Prabumulih

Jalan Tol Indralaya – Prabumulih sepanjang 64,5 km telah beroperasi yang merupakan bagian dari pembangunan Jalan Tol Simpang Indralaya – Muara Enim.

Jalan Tol Indralaya – Prabumulih akan mempersingkat waktu tempuh Palembang – Prabumulih menjadi hanya 1 jam saja. Selain itu juga mempersingkat waktu tempuh dari Prabumulih ke Bandara Mahmud Badaruddin II Palembang.  

2. Jalan Tol Stabat – Kuala Bingai

Jalan Tol Binjai – Langsa segmen Stabat – Kuala Bingai yang membentang sepanjang 8 km telah beroperasi.

Kehadiran Jalan Tol ini juga akan mendukung konektivitas dari Binjai ke Medan sekitar 17 Km dan dari Medan ke Bandara Kualanamu sekitar 42 Km.

3. Jalan Tol Indrapura – Lima Puluh

Jalan Tol Indrapura – Lima Puluh sepanjang 15 km merupakan bagian dari Seksi 1 Jalan  Tol Indrapura –  Kisaran yang saat ini sudah beroperasi.

Jalan Tol ini akan menghubungkan beberapa Jalan Tol lainnya seperti Jalan Tol Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi, dan Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat. 

4. Jalan Tol Tebing Tinggi – Indrapura

Jalan Tol Tebing Tinggi – Indrapura sepanjang 26,23 km yang telah beroperasi merupakan bagian dari Seksi 1 Jalan Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat (Kutepat) 

Jalan Tol ini akan tersambung langsung dengan Jalan Tol yang berada di Sumatera Utara, yakni Jalan Tol Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi dan Jalan Tol Indrapura – Kisaran. 

Baca juga: Jalan Tol Bangkinang – Pangkalan Rampung Bulan Depan, Kini Progresnya 88,58 Persen

5. Jalan Tol Sigli – Banda Aceh Seksi 5 – 6 (Blang Bintang – Baitussalam) 

Jalan Tol Sigli – Banda Aceh Seksi 5 – 6 (Blang Bintang – Baitussalam) sepanjang 12,7 km akan menyambungkan ke seksi lainnya yang telah dioperasikan terlebih dahulu yaitu Seksi 2 – 4 (Seulimeum – Blang Bintang) sepanjang 35,8 km. [*/pkt]

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News