Riwayat Percakapan Whatsapp Bisa Ditransfer ke Telegram, Begini Caranya

Penulis: Mentari Tryana

Padangkita.com – Aplikasi perpesanan Telegram mengumumkan fitur baru yang memungkinkan pengguna melakukan transfer riwayat percakapan dari aplikasi percakapan lain seperti Whatsapp.

Riwayat yang bisa ditransfer tersebut meliputi chat, video dan dokumen dalam obrolan individu dan grup. Fitur ini juga dapat digunakan untuk aplikasi Line dan KakaoTalk.

Dilansir dari laman resmi Telegram, berikut cara transfer riwayat percakapan dari Whatsapp dan aplikasi lain ke Telegram.

Aplikasi WhatsApp di iOS

– Buka info kontak atau info grup dari tampilan WhatsApp
– Tekan Ekspor Chat, lalu pilih Telegram dari menu “bagikan”
– Ada pula opsi geser kiri dari obrolan, lalu pilih opsi menu dan Ekspor Obrolan

Aplikasi WhatsApp di Android

– Di Android, kamu bisa membuka salah satu obrolan di WhatsApp
– Selanjutnya pilih menu atau tiga titik vertikal di pojok kanan atas dan buka opsi ‘Lainnya’
– Buka ‘Ekspor Chat’, lalu pilih Telegram dari menu bagikan.

Baca juga: Mengenal BiP, Aplikasi Perpesanan Buatan Turki

Selanjutnya, pesan akan dipindahkan di hari yang sama saat dilakukan proses pemindahan tersebut. Pesan yang dipindahkan juga disertai dengan stempel waktu (time stamp) asli.

Telegram menyebut pesan dan media yang dipindahkan ke Telegram tidak akan menempati ruang ekstra. Selain itu, pengguna juga dapat mengoptimalkan ruang penyimpanan dan mengontrol ukuran cache dengan mengklik tab ‘Penggunaan Data dan Penyimpanan’ di ‘Pengaturan’.

Aplikasi ini juga akan memungkinkan pengguna untuk menghapus pesan yang mereka kirim dan terima untuk kedua sisi, tanpa meninggalkan jejak. Obrolan rahasia, grup, dan riwayat panggilan dapat dihapus untuk semua sisi kapan saja.

Telegram juga menambahkan beberapa fitur lain ke aplikasi. Pengguna sekarang dapat memeriksa grup mana yang memiliki obrolan suara aktif dari bagian atas laman ‘Riwayat Panggilan’.

Pengguna juga dapat menyesuaikan volume masing-masing peserta untuk mengelola level mikrofon. Penyesuaian yang dibuat oleh admin grup diterapkan untuk semua pendengar.

Ada juga fitur lainnya seperti stiker baru, animasi Android dan pengaturan pemutar audio yang ditingkatkan. [try]


Baca berita terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler