Ribuan Dosis Vaksin Moderna di Pesisir Selatan Masih Disimpan di Gudang Farmasi

Penulis: Zulfikar Efendi

Painan, Padangkita.com – Sebanyak 1.069 vial Vaksin Moderna yang telah sampai di Pesisir Selatan masih disimpan di gudang Farmasi milik Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.

Ribuan dosis vaksin itu masih belum didistribusikan hingga saat ini, kecuali 15 vial yang dijemput langsung oleh pihak Rumah Sakit M Zein Painan dan Puskesmas Balai Selasa, Kecamatan Ranah Pesisir.

Kepala Seksi Farmasi Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Fitria mengatakan, Vaksin Moderna yang disimpan di gudang farmasi akan disalurkan ke 20 titik layanan Puskesmas.

“Vaksin moderna masih banyak di gudang dan belum semua yang didistribusikan,” ujar Fitria dikutip dari rilis yang diterbitkan di situs resmi milik Pemkab Pessel, Sabtu (4/9/2021).

Menurut Fitria, ribuan dosis Vaksin Moderna itu belum didistribusikan lantaran tenaga kesehatan masih masih disibukkan dengan kegiatan vaksinasi massal bagi pelajar dan masyarakat.

“Jika vaksinasi massal itu sudah selesai, akan kita coba kembali memberikan suntik vaksin dosis ketiga bagi tenaga kesehatan,” paparnya.

Diakui Fitria, bahwa tenaga kesehatan di Pesisir Selatan saat ini memang sedang sibuk. “Saat ini, memang tenaga kesehatan kita masih sedang sibuk. Setelah vaksinasi massal baru kita lanjutkan untuk pemberian Vaksin Moderna,” ucapnya.

Fitria mengeklaim, bahwa hingga saat ini tidak ada tenaga kesehatan di Pesisir Selatan yang menolak untuk divaksin menggunakan Vaksin Moderna.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 di Pesisir Selatan Dilanjutkan untuk Lansia, Target 37.222 Orang

“Sejauh ini, tenaga kesehatan sudah siap untuk divaksin Moderna asal Amerika Serikat tersebut,” katanya. [*/zfk]

Terpopuler

Add New Playlist