Resmi, Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1443 H Jatuh 2 Mei 2022 

Penulis: Isran Bastian

Jakarta, Padangkita.com – Pemerintah RI melalui Kementerian Agama (Kemenag) secara resmi akhirnya menetapkan 1 Syawal 1443 H jatuh pada 2 Mei 2022. Keputusan ini disampaikan langsung Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dalam sidang Isbat yang digelar di Gedung Auditorium HM Rasyidi, Jakarta Pusat.

“Berdasarkan hasil sudah diatas ufuk dan laporan hilal yang suda, 1 syawal 1443 H jatuh pada hari Senin 2 Mei 2022,” ujar Menag dipantau Padangkita.com di siaran resminya di kanal Youtube Kemenag, Minggu (1/5/2022) malam ini.

Atas penetapan tersebut Menag berharap dengan hasil sidang isbat ini seluruh umat islam Indonesia dapat melaksanakan idul Fitri bersama-sama.

Dia menerangkan, sebelum hasil sidang isbat diputuskan, sebelumnya telah dilakukan pengamatan hilal di  99 titik rukyat di 34 provinsi, ada yang melaporkan melihat hilal.

Dalam penetapan 1 Syawal Kemenag menerapkan dua metode yakni hisab atau perhitungan dan rukyat atau melihat langsung keadaan hilal. Kemenag sejak dulu selalu memakai dua metode ini.

Baca Juga: Selamat Berlebaran, Cakupan Vaksinasi Indonesia Tembus 400 Juta Dosis

“Dua metode ini bukan dipertentangkan namun metode yang saling melengkapi,” ingat Menag. [isr]

Terpopuler

Add New Playlist