Rencana Kerja Pemkab Pasaman Barat untuk 2022 Mulai Dirancang, Sekda: Tantangan Kita Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19

Penulis: Ahmad Romi
|
Editor: Zulfikar

Berita Pasaman Barat hari ini dan berita Sumbar hari ini: RKPD untuk tahun 2022 di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mulai dirancang.

Simpang Empat, Padangkita.com – Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk tahun 2022 di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mulai dirancang.

Forum Konsultasi Publik RKPD Pasbar juga sudah menggelar pertemuan di Auditorium Kantor Bupati untuk meminta pandangan dan saran dari stakeholder terkait, Kamis (11/2/2021).

Sekretaris Daerah (Sekda) Pasbar, Yudesri mengatakan, demi penyempurnaan perencanaan yang telah disusun, maka perlu masukan dari stakeholder terkait.

“Rancangan awal RKPD yang telah disusun Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) untuk tahun 2022 tetap harus dilakukan, walaupun masih banyak pembangunan yang belum terlaksana pada tahun 2021 ini,” ujarnya, Kamis (11/2/2021).

Kendala utama untuk pembangunan tahun 2022, kata Yudesri, yaitu terkait pemulihan ekonomi pasca Covid-19.

“Tantangan yang akan kita dihadapi nanti salah satunya adalah pemulihan ekomomi setelah Covid-19. Karena Covid-19 saat ini masih menjadi pandemi di negara dan daerah kita, sehingga membuat berbagai aspek kehidupan terutama di bidang perekonomian mengalami perlambatan,” ungkapnya.

Hal itu, kata Yudesri, ditandai dengan turunnya perekonomian nasional, penurunan daya beli masyarakat dan perlambatan pembangunan infrastruktur di Bumi Tuah Basamo ini.

Selain itu, Yudesri juga berharap dalam perencanaan pembangunan daerah nantinya harus sejalan dengan perencanaan pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat.

Lalu, juga lebih memperhatikan kondisi yang dialami masyarakat saat ini, memperhatikan kebutuhan dasar masyarakat, mulai mengupayakan pembangunan infrastruktur yang memberi daya ungkit perekonomian daerah, merancang program-program pembangunan serta pemberdayaan masyarakat, sehingga perekonomian masyarakat dapat kembali normal dan berkembang.

“Peran masyarakat terhadap pembangunan daerah juga sangat diharapkan melalui dukungan program kegiatan yang diluncurkan maupun partisipasi melalui kewajiban dalam mambayar pajak dan retribusi daerah,” paparnya.

Sementara, Kepala Bappeda Pasbar, Joni Hendri mengatakan, dalam RKPD tahun 2022 memiliki dua rancangan yang tertuang dalam visi dan misi kepala daerah, yakni rancangan makro misi dan rancangan prioritas daerah.

“Dalam visi dan misi kepala daerah tahun 2021-2026 terdiri dari 24 misi dan memiliki lima rancangan makro misi dan 10 rancangan prioritas daerah,” ujarnya.

Kemudian, dijelaskan Joni, bahwa RKPD Kabupaten Pasaman Barat tahun 2022 memiliki tema “Peningkatan Kesejahteraan dan Daya Saing Melalui Pemerataan Pembangunan”.

Baca juga: 6 Tahun Rusak Parah, Jalan di Rimbo Janduang Pasaman Barat Tak Kunjung Diperbaiki

“Rancangan tersebut terdiri dari peningkatan kualitas SDM, pemulihan ekonomi daerah, peningkatan infrastruktur daerah, reformasi birokrasi dan pelayanan publik,” katanya. [zfk]


Baca berita Pasaman Barat hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist