Rencana Investasi Arab Saudi di Sumbar Bakal Dilanjutkan ke Tingkat G2G dan B2B

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Duta Besar Arab Saudi Essam bin Abed Al-Thaqafi telah mengakhiri kunjungan selama empat hari di Sumatra Barat (Sumbar). Sebelumnya, Dubes Essam telah mengunjungi sejumlah daerah di Sumbar untuk melihat peluang investasi.

Daerah yang ditinjau Dubes Essam adalah Kota Padang, Payakumbuh, Limapuluh Kota dan Pesisir Selatan (Pessel). Sebelum berangkat ke Jakarta, Dubes Essam sempat berbincang lagi dengan Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah di VVIP Room Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Selasa (1/2/2022).

Dalam pertemuan ini, Dubes Essam kembali membicarakan peluang investasi di Sumbar. Essam meminta Pemprov Sumbar menyiapkan presentasi secara lebih detail, dan selanjutnya akan dilakukan pertemuan lanjutan pada level government to government (G2G) maupun business to business (B2B) khususnya di bidang energi.

Dubes Essam mengingatkan, presentasi tim Pemprov nanti disiapkan dalam bahasa Inggris dengan gambaran dan data lebih mendetail.

“Tolong disiapkan presentasinya dengan gambaran yang lebih detail dengan bahasa Inggris. Selanjutnya kami akan undang Gubernur Sumbar untuk bertemu dengan gubernur-gubernur yang ada di Saudi maupun dengan pengusaha-pengusaha di Riyadh untuk menjalin kerja sama,” ujar Essam, seperti disampaikan penerjemah.

Dubes Essam juga menyinggung keberadaan Saudi Corner di UNP dan mengatakan semoga keinginan untuk dihadirkannya Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) cabang Sumbar, bisa segera terwujud.

Gubernur Mahyeldi merespons positif keinginan Dubes tersebut dan mengatakan akan segera menyiapkan presentasi, tidak saja dalam bahasa Inggris tapi dalam dua bahasa, Inggris dan Arab.

“Insya Allah segera akan kita siapkan. Mudah-mudahan dalam dua pekan ini sudah siap dan segera kita berikan kepada Dubes,” kata Gubernur Mahyeldi.

Baca juga: Dubes Arab Saudi Terkesan Lihat Keindahan Kawasan Mandeh Pesisir Selatan

Kepala Bappeda Sumbar, Medi Iswandi yang turut hadir mendampingi gubernur dalam pertemuan tersebut menambahkan, Pemprov bersama swasta akan mempersiapkan presentasi tersebut secara lebih mendetail dan bilingual, Arab dan Inggris. Khususnya peluang investasi di bidang energi. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist