Registrasi Vaksinasi Covid-19 Bisa Via Whatsapp, Begini Caranya

Penulis: Mentari Tryana

Padangkita.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyediakan layanan registrasi atau pendaftaran lewat aplikasi perpesanan Whatsapp (WA). Layanan ini dibuat untuk mempermudah registrasi vaksinasi untuk daerah mana pun.

Namun untuk sementara ini registrasi vaksin Covid-19 melalui WhatsApp hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan (nakes).

“Jika tenaga kesehatan tidak terdaftar, proses registrasi juga dapat dilakukan melalui chatbot,” mengutip situs kemkes.go.id.

Cara registrasi melalui chatbot WA ini sangat mudah. Nakes calon penerima vaksinasi Covid-19 bisa langsung mengirimkan pesan ke nomor WhatsApp 081110500567 dengan mengetik kata kunci ‘Vaksin’.

Setelah itu akan ada konfirmasi bahwa penerima vaksinasi adalah tenaga kesehatan.

Baca juga: Tips dari Auto2000 untuk Hindari Rem Blong

Selanjutnya, nakes calon penerima vaksinasi Covid-19 diminta mengirimkan 6 angka terakhir Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk mendaftar dan nakes akan menerima konfirmasi lokasi vaksinasi.

Langkah berikutnya akan dilakukan konfirmasi mengenai kondisi Kesehatan untuk memastikan bahwa peserta akan dapat menerima vaksin.

Kemudian, chatbot akan membagikan jadwal vaksin untuk dikonfirmasi. Setelah itu, tiket QR code akan dibagikan bersama dengan video bagaimana cara kerja vaksin.

Para tenaga kesehatan juga dapat mengecek nama mereka di situs pedulilindungi.id. Jika belum terdaftar, sasaran diminta segera mengajukan program vaksinasi dengan mengirimkan data diri ke email vaksin@pedulilindungi.id.

Selain melalui WA, Kementerian Kesehatan juga menyediakan channel registrasi vaksinasi Covid-19 melalui SMS Blast PEDULICOVID, Website pedulilindungi.id, melalui email vaksin@pedulilindungi.id, call/UMB *119# dan Hotline Vaksinasi Covid-19 119 Ext 9. [try]


Baca berita terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler