Realisasi Belanja ABPD Kota Pariaman Terbaik di Sumbar, Diapresiasi Mendagri

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Pariaman menjadi kota terbaik di Sumatra Barat (Sumbar) dalam realisasi belanja APBD. Sementara di tingkat nasional, Kota Pariaman berada di peringkat 6, setelah Kota Sukabumi, Kota Lampung, Kota Langsa, Kota Metro dan Kota Cirebon.

Prestasi tersebut diapresiasi Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian pada penutupan Rakernas XV Apeksi ahun 2022 di Kota Padang,  Selasa (9/8/2022).

“Belanja daerah yang tinggi akan membuat uang yang beredar di (tengah) masyarakat akan tinggi pula. Serapan belanja daerah yang maksimal dapat meningkatkan konsumsi masyarakat,” ujar Tito Karnavian.

Dengan adanya perputaran uang di daerah, maka juga akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, menggeliatnya UMKM daerah. Perusahaan swasta juga semakin baik untuk melakukan investasinya ke daerah.

“Kepala daerah mempunyai tanggung jawab meningkatkan pertumbuhan daerahnya, dengan menciptakan pertumbuhan ekonomi yang baik dan dapat membelanjakan anggaranya untuk kesejahteraan rakyat. Jadi, harus sungguh-sungguh melakukan hal tersebut,” kata Mendagri Tito.

Sementara itu Wali Kota Pariaman Genius Umar, mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran dan stakeholder, sehingga realisai APBD Kota Pariaman dapat menjadi yang terbaik di Sumbar dan Indonesia.

“Alhamdulillah, Kota Pariaman realisasi belanja APBD-nya telah mencapai 46,67 persen. Yang tertinggi nasional, adalah Kota Sukabumi dengan 52,97 persen. Walau begitu, Paraiaman menjadi yang terbaik untuk Provinsi Sumbra, dan ke-6 terbaik di indonesia,” terangnya.

Genius menuturkan bahwa Kota Pariaman sangat komit menciptakan pertumbuhan ekonomi daerah, sehingga berbagai kegiatan dan program dilaksanakan segera, tidak menunda-nunda realisasi belanja daerah.

“Semoga dengan capaian ini, kita dapat membangun Kota Pariaman menjadi lebih baik lagi, sehingga kita akan terus menjadi kota terbaik di Sumbar dan Indonesia,” harapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan dengan raihan ini, Pemko Pariaman tentu akan semakin semangat untuk bekerja. Kecepatan realisasi anggaran ini akan menyebabkan sektor riil di Pariaman berjalan, sehingga uang pun akan berputar di tengah masyarakat

Baca juga: Pariaman Tampilkan Hoyak Tabuik di Pawai Budaya Nusantara, Genius Ikut Tabuh Gendang

“Pelayanan kepada masyarakat pun akan lebih cepat,” ujar Genius. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist