Reaktivasi Jalur KA Sawahlunto-Muaro Kalaban, Andre Rosiade: Bukti Kolaborasi Membangun Sumbar

Penulis: Redaksi

Sawahlunto, Padangkita.com – Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade menghadiri dan ikut meresmikan kick offperbaikan prasarana dan sarana perkeretaapian mendukung reaktivasi kereta api jalur Sawahlunto – Muaro Kalaban, Kota Sawahlunto, Jumat (1/7/2022).

Realisasi reaktivasi kereta api ini, adalah hasil kunjungan Andre Rosiade bersama Bupati dan Wali Kota se-Sumbar Mei 2021 lalu.

Untuk kembali mengaktifkan jalur kereta api legendaris itu, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tidak hanya menyandarkan kepada PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) semata. Tapi, juga menggandeng PT Semen Indonesia Group (SIG), PT Pupuk Indonesia dan Biofarma. Kick off atau dimulainya pekerjaan jalur ini dijadwalkan selama enam bulan atau sampai akhir tahun.

Dirut PT KAI Didiek Hartantyo yang hadir mengakui, pekerjaan ini atas perintah Menteri BUMN Erick Thohir setelah bertemu dengan Andre Rosiade yang orang Sumbar bersama Bupati dan Wali Kota se-Sumbar di Jakarta.

“Ide ini dilandasi aspirasi masyarakat Sumbar yang diawali kunjungan Wako dan Bupati se-Sumbar ke Jakarta yang dikawal Pak Andre Rosiade,” kata Dirut.

Setelah pertemuan itu, kata Didiek, Direksi PT KAI berkoordinasi dengan Menteri Erick yang khusus memanggilnya untuk memastikan pengoperasian kembali jalur kereta api yang awalnya beroperasi tahun 1912.

“Semua BUMN mendukung hal ini dan ditandai dengan kerja sama KAI dengan Semen Indonesia, Pupuk Indonesia dan Biofarma,” kata Didiek pada acara yang juga dihadiri Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Barata, Ditektur Operasi Semen Indonesia Yosviandri, Direktur Utama Semen Padang Asri Muchtar dan lainnya.

Sebelumnya, dia bersama Pemko Sawahlunto telah melihat dan memastikan rencana pengaktifan kembali jalur ini.

“Tujuannya jelas, untuk membangun pariwisata Sawahlunto dan Sumbar umumnya. Atas saran Pak Erick disusunlah PMO dengan empat BUMN untuk memastikan inisiatif ini. Semoga didukung semua pihak dan dimudahkan Allah SWT,” ujarnya.

Didiek mengatakan, sebenarnya pembangunan dan perbaikan prasarana sudah dimulai sebulan lalu, disusul saat ini sarana.

“Akan diselesaikan secepatnya. Apa yang kita mulai Jumat berkah ini bisa terwujud. Merpati putih melintas hutan, terbang rendah hingga ke taman, Sawahlunto sangat menawan, alamnya indah penuh kenangan,” turut Dirut Didiek menutup dengan pantun.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Barata menyebutkan, BUMN harus profit atau beruntung, di sisi lain juga harus memberikan manfaat untuk masyarakat.

“Pak Erick betul-betul fokus. Setelah pak Andre bertemu Pak Menteri bersama Wako dan Bupati se-Sumbar menyampaikan aspirasi. Alhamdulillah, harapan-harapan itu dapat ditangkap pak Erick Thohir,” ujarnya.

Menurut Tedi, ini adalah salah satu yang pertama dikerjakan, serta ada beberapa proyek lain.

“Ini langkah nyata Kementerian BUMN bersama BUMN meningkatkan pariwisata Sumbar. KAI tak bisa bekerja tanpa bantuan BUMN lain dan Pemda setempat. Begitu juga TNI dan Polri. Semua harus transparan agar proyek ini tuntas,” katanya.

Mewakili Wali Kota Sawahlunto Deri Asta, Sekda Sawahlunto Ambun Kadri menyebutkan, jalur Sawahlunto-Muaro Kalaban memiliki panjang 4 km. Jalur ini merupakan warisan budaya dunia yang ada di Sumbar.

“Alhamdulillah, bersama Pak Andre Rosiade BUMN hadir mengoperasikan jalur itu kembali,” katanya.

Sekda memyebut, Pemko Sawahlunto sudah berlega hati, dengan adanya kick off ini.

“Komitmen bersama untuk mewujudkan kereta api kembali beroperasi. Ke depan Kita bersama berharap Mak Itam bisa beroperasi kembali. Berharap dilanjutkan ke Silungkang dan Solok. Terima kasih pak Andre Rosiade,” katanya.

Andre Rosiade yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar menyebutkan, kembali diaktifkannya jalur Sawahlunto – Muaro Kalaban adalah berkat kolaborasi banyak pihak dari Kementerian BUMN, Anggota DPR, Pemda dan BUMN.

“Kunci pembangunan memang kolaborasi. Dimulai 31 Mei 2021 anggota DPR berkolaborasi dengan Wali Kota dan Bupati se-Sumbar bertemu Menteri BUMN. Dilanjutkan dengan Dirut PTKAI. Selanjutnya dibentuk PMO,” kata Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Sebelumnya, kata Andre Rosiade, PT KAI juga sudah melakukan kerja sama dengan Pemko Bukittinggi dalam pengelolaan tanah bekas Stasiun Kereta Api Bukittinggi untuk keperluan pemberdayaan UMKM seluas 2,7 hektare. Kereta api jalur Padang-Pariaman juga sudah dilengkapi dengan gerbong sepeda.

“Hari ini kami juga menyampaikan permohonan dari Wali Kota Padangpanjang Fadli Amran untuk pembangunan museum dan potensi wisata kereta api,” ujar Andre Rosiade.

Andre menyampaikan, Kementerian Perhubungan juga punya program persiapan sarana dan prasarana untuk kereta api.

“Segera kereta bandara (BIM) akan disiapkan sampai ke Indarung dan Teluk Bayur. Semua akan tersambung. Maka Padang akan punya ‘KRL’ sendiri. Setelah prasarana disiapkan Kemenhub, PT KAI siapkan sarananya. 2024 warga Padang bisa menikmati ‘KRL’ ini,” kata Andre.

Selain itu, sebut Andre Rosiade, pada Agustus 2022 juga akan kick off pembangunan Jalan Tol Padang – Sicincin yang sempat terhenti.

“Pembangunan Sumbar perlu dilakukan dengan kolaborasi. Harapan kami tentu Pemda Sumbar bisa memanfaatkan potensi yang ada. Harus bisa bekerja sama dengan Pemkab/Pemko untuk jemput aspirasi masyarakat dan menjemput anggaran pusat. Karena tidak mungkin bisa dilakukan satu kelompok saja. Tapi bersama-sama,” sebut Andre.

Andre mencontohkan pada kegiatan di Sawahlunto. Sebagai anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, berkolaborasi dengan Kepala Daerah se-Sumbar meski partainya berbeda-beda.

“Di Sawahlunto Wako Deri Asta dari PAN, tapi tak mengurangi semangat kolaborasi. Harapan kami juga Pemprov Sumbar bisa melalukan hal yang sama,” sebut Andre.

Kata Andre, kolaborasi ini adalah pesan penting, kalau tidak pembangunan Sumbar tidak akan mengejar pembangunan provinsi lain. Manfaatkan anggota DPR dan DPD se-Sumbar. Mereka punya akses mewakili komisi/komite Masing-masing. Bisa mengakses Kementerian yang bermitra dengan mereka.

Baca juga: ‘Mak Itam’ Beroperasi Sawahlunto-Muaro Kalaban, Andre Rosiade: Aspirasi Kami Diterima Menteri BUMN

“Terima kasih pak Menteri BUMN, direksi PT KAI dan juga Semen Indonesia Group, Pupuk Indonesia dan Biofarma,” kata Andre. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist