RCTI Trending di Twitter Usai Gugat UU Penyiaran, Netizen: Delete Akun aja Gue

Penulis: Mentari Tryana

Jakarta, Padangkita.com – Gugatan RCTI terkait uji materi Undang-Undang Penyiaran yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi, menjadi perbincangan hangat para pengguna media sosial, termasuk Twitter.

Kata kunci RCTI pun menduduki Trending Topic Twitter Indonesia dengan lebih dari 79.7 Ribu tweet telah dicuitkan warganet.

Sebagian besar cuitan warganet berisikan protes, tak setuju hingga marah terhadap tindakan stasiun TV nasional tersebut.

Netizen menilai gugatan tersebut dapat merugikan masyarakat yang tak akan bisa bebas memanfaatkan fitur siaran langsung dalam platform media sosial. Tak hanya itu, UU Penyiaran tersebut pun bisa merambat hingga ke layanan video call.

Menurut keterangan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kominfo Ahmad M Ramli, perluasan definisi penyiaran akan mengklasifikasikan kegiatan seperti Instagram TV, Instagram Live, Facebook Live, Youtube Live, dan penyaluran konten audio visual lainnya dalam platform media sosial diharuskan menjadi lembaga penyiaran yang wajib berizin.

Jika kegiatan dalam media sosial itu juga dikategorikan sebagai penyiaran, maka perorangan, badan usaha, ataupun badan hukum dikatakannya akan dipaksa memiliki izin menjadi lembaga penyiaran.

Izin tersebut pun dinilai memberatkan warganet, terlebih jika pengguna yang hanya sekadar ingin iseng melakukan siaran langsung berisi kegiatan sehari-hari.

Baca juga: Pengamat Media Sosial Menilai Gugatan RCTI Bisa Langgar Kebebasan Berekspresi

Salah satu warganet dengan nama akun @FadilahFRDN menyebut dirinya lebih baik menghapus akun media sosial miliknya daripada harus mengajukan izin sebelum melakukan siaran langsung.

“Gue gabut live aja kaga ada yang nonton, ini segala pake disuruh izin segala. Delete akun aja gue,” komentar @FadilahFRDN.

“Hakim: Jadi saudara tau salahnya apa? Terdakwa: Saya video call-an, yang mulia,” tulis akun @anitarhmwatiiii yang mencuitkan bayangan bagaimana jika gugatan tersebut dikabulkan.

Di sisi lain, warganet pun menilai gugatan RCTI ini merupakan bentuk lain dari rasa tidak ingin kalah bersaing dengan platform media sosial sebagai penyedia konten.

“RCTI kalau nggak mau kalah saing coba tiap Sabtu Minggu pagi dari jam 6 sampai jam 12 kamu setel anime kemudian jam 2 kamu setel film apa aja asal jangan Home Alone,” tambah @faizaufi.

“RCTI ini umur udah 30 tahun lebih, mbok ya yang dewasa dikit, bisa? Bener sih kata orang, tua itu pasti, tapi dewasa itu pilihan,” cuit @nksthi. [*/try]


Berita ini sebelumnya dimuat Suara.com jaringan Padangkita.com


Baca berita terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist