Rangkaian Festival Pamalayu, Ribuan Orang Ikuti Jalan Santai HUT Dharmasraya

Penulis: Redaksi

Pulau Punjung, Padangkita.com – Ribuan orang mengikuti Jalan Santai HUT Kabupaten Dharmasraya yang dilaksanakan dari jalan baru samping Rumdis Bupati Dharmasraya hingga menuju garis finish di Jembatan Kabel Sungai Dareh, Jumat (3/1/2020). Kegiatan ini juga merupakan rangkaian kegiatan Festival Pamalayu.

Sejatinya, acara puncak Hari Ulang Tahun Kabupaten Dharmasraya Ke-16 jatuh pada 7 Januari 2020. Untuk merayakannya dilaksanakan berbagai kegiatan yang diberi tajuk Festival Pamalayu.

“Alhamdulillah menempuh perjalanan kurang lebih enam kilometer sukses, saya sangat senang antusiasme dari masyarakat kita sangat luar biasa memanjang sepanjang lintasan,” kata Bupati Dharmasraya Sutan Riska.

Selain pelajar dan masyarakat umum lainnya, jalan santai juga diikuti oleh Wabup Dharmasraya, Amrizal Dt Rajo Medan, Anggota DPRD Dharmasraya, Paryanto, Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Leli Arni, OPD, Ketua PKK dan Ketua GOW Dharmasraya, serta tokoh masyarakat lainnya. Peserta jalan santai juga bertabur dengan hadiah, mulai dari bingkisan kecil, hingga satu unit sepeda motor matic.

Wabup saat memberikan kata sambutan pada kesempatan itu menyampaikan agar masyarakat Dharmasraya selalu kompak dalam membangun Dharmasraya kedepannya. “Yang kami harapkan kepada masyarakat, untuk saling hidup berdampingan dengan aman dan damai selalu,” ujarnya.

Sekadar diketahui, Festival Pamalayu ini diselenggarakan bersamaan dengan peringatan hari jadi kabupaten Dharmasraya yang keenam belas tahun. Acara puncaknya sendiri akan dilaksanakan di kabupaten Dharmasraya pada 7 Januari 2020 selama tujuh hari dan tujuh malam. Festival Pamalayu digadang-gadang akan menjadi festival terbesar se-Sumatera Barat.

Selain untuk meluruskan sejarah, Bupati Sutan Riska, juga mengharapkan melalui festival ini dapat mempererat kembali persatuan, kesatuan, dan persahabatan yang telah lama dijalin dengan berbagai daerah. Festival Pamalayu juga dilaksanakan sebagai ajang promosi kabupaten Dharmasraya dan mengenalkan kekayaan budaya dan memperdalam kembali sejarah Dharmasraya kepada masyarakat umum, khususnya generasi milenial. (*/pk-04)


Ikuti info dan berita Dharmasraya terkini dan Festival Pamalayu hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist