Rang Solok Baralek Gadang Ditutup, Pengunjung Capai 20 Ribu dan Perputaran Uang Miliaran

Penulis: Redaksi

Solok, Padangkita.com – Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah secara resmi menutup Rang Solok Baralek Gadang (RSBG) di hamparan sawah Kota Solok, Minggu (25/9/2022). Event tersebut telah berlangsung sejak Kamis (22/9/2022) lalu,

Menurut Ketua Panitia RSBG, Jefrizal mengeklaim alek yang telah menjadi salah satu unggulan dalam Kharisma EventNusantara (KEN) 2022, berhasil mendatangkan pengunjung sedikitnya 20 ribu orang dengan putaran uang miliaran rupiah.

Gubernur Mahyeldi dalam sambutannya sebelum menutup RSBG berharap, acara yang sama tahun depan bisa lebih meriah dengan putaran ekonomi yang lebih besar pula.

“Kalau tahun ini putaran uangnya Rp5 miliar, tahun depan harus bisa Rp50 miliar,” harap Mahyeldi. Kuncinya, tambah orang nomor satu di Sumbar tersebut, adalah keharmonisan dan kekompakan seluruh unsur pimpinan di Kota Solok.

“Jika para pemimpin di Kota Solok kompak, dan sinergi, maka yakinlah akan menghadirkan banyak kebaikan bagi masyarakat Kota Solok,” lanjut Mahyeldi.

Apalagi, lanjut Mahyeldi, mulai 1 Oktober mendatang, penerbangan internasional akan kembali dibuka dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) ke Kuala Lumpur, Malaysia.

Sehingga daerah diimbau mempersiapkan diri membenahi destinasi wisata masing-masing, karena akan banyak wisatawan mancanegara, khususnya dari Malaysia yang sudah rindu ingin ke Sumbar.

“Ini momen bagi kita meningkatkan kunjungan wisata ke Sumbar,” ujar Mahyeldi.

Sebelumnya, Wali Kota Solok Zul Elfian Umar menyebut, selama empat hari perhelatan RSBG, tidak hanya masyarakat lokal yang hadir ke Solok, melainkan juga para perantau, bahkan ada yang dari Swedia dan Singapura.

Sesuai dengan harapan gubernur, Zul Elfian juga mengatakan akan terus menjalin keharmonisan, kekompakan dan sinergitas dengan berbagai unsur pimpinan dan lapisan masyarakat.

“Kekuatan Kota Solok tidak ada yang lain selain kebersamaan. Insya Allah kami akan selalu berupaya menjalin kekuatan itu dan menghadirkan kebaikan bagi masyarakat Kota Solok,” kata Zul Efian.

Dalam event RSBG, beragam kegiatan seni tradisi, permainan anak nagari, bazar hingga festival layang-layang internasional ditampilkan.

Hadir dalam acara penutupan RSBG, Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Dwi Marhen Yono, Wali Kota Padang Panjang, Pj Wali Kota Payakumbuh, Bupati Pasaman dan Bupati Tanah Datar. Hadir pula Ketua TP PKK Sumbar, Ny. Harneli Mahyeldi.

Baca juga: Rang Solok Baralek Gadang, Satu-satunya Event yang Diadakan di Sawah

Acara penutupan RSBG diawali dengan pawai budaya, kemudian diringi dengan tarian massal Baralek Gadang, dan diakhiri dengan makan bajamba. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist