Ragam Minum Kaya Manfaat Dari Ranah Minang, Sudah Pernah Coba?

Penulis: Wina

Padangkita.com – Berbicara perihal kuliner khas Sumatra Barat memang tak ada abis-habisnya. Berbagai jenis makanan khas yang unik, menarik, dan rasanya tak diragukan lagi.

Sumatra Barat memang terkenal dengan makanan yang kelezatan rasanya tak dipungkiri lagi. Sebut saja mulai dari rendang, makanan terlezat di dunia.

Lalu ada makanan khas Sumatra Barat lainnya yang rasanya tak kalah enak dari rendang. Selama ini, kurang afdal rasanya jika makanan khas saja yang jadi sorotan.

Minuman khas Sumatra Barat juga memiliki ciri khas sendiri yang rasanya tentunya tak kalah enak dari minuman-minuman terkenal.

Sumatra Barat ternyata juga punya banyak minuman khas unik yang bahan pembuat dan cara penyajiannya berbeda dari biasanya. Di antaranya beragam minuman khas yang memiliki cita rasa tersendiri.

Lantas, inilah lima minuman khas unik Sumatra Barat yang rasanya enak dan tentunya melepas dahaga.

1. Aia Aka

Bagi Kamu yang bukan orang Minang, mungkin nama minuman ini asing di telinga. Namun, orang Sumatra Barat sangat familiar dengan minuman unik ini.

Aia aka atau aia kacang alias air kacang ini memiliki tampilan bentuk seperti cendol dan bertekstur kenyal layaknya agar-agar. Hal ini tidak lain karena bahan dasarnya terbuat dari daun cincau hijau.

Minuman ini sering disebut seperti cendol karena biasanya sang penjual akan mencampurnya dengan air santan.

Selain ditambahkan dengan air santan, aia juga bisa diminum dengan air jeruk nipis yang baik untuk meredakan panas dalam. Selain rasanya yang khas, minuman ini juga digunakan untuk mengobati panas dalam.

Tak hanya itu, pasalnya menurut para pemuda yang meminum air ini, tubuh mereka akan lebih berenergi setelah minum aia aka ini.

Terpopuler

Add New Playlist