Rafflesia Tuan Mudae Kembali Mekar Sempurna di Agam, Diameter 62,3 Sentimeter

Penulis: Fuadi Zikri
|
Editor: Zulfikar

Lubuk Basung, Pandangkita.com – Satu individu bunga langka dan dilindungi jenis Rafflesia Tuan Mudae ditemukan mekar sempurna di kawasan Hutan Cagar Alam Maninjau di Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatra Barat (Sumbar), Kamis (12/11/2020).

Kepala Balai Konservasi Sumbar Daya Alam (BKSDA) Resor Agam, Ade Putra menyebutkan, bunga langka itu ditemukan mekar sempurna ketika timnya patroli di sekitar lokasi.

Baca Juga

“Bunga langka itu mekar sempurna dengan diamter 62,3 sentimeter,” ujar Ade melalui siaran pers yang diterima Padangkita.com, Kamis (12/11/2020).

Selain itu, jelas Ade, di sekitar lokasi juga ditemukan sebanyak tujuh knop atau bonggol Rafflesia Tuan Mudae. “Masih ada 7 knop lagi, ada satu knop yang diperkirakan akan mekar sekitar satu minggu lagi,” ungkanya.

Menurut Ade, 1 Januari 2020, di sekitar lokasi yang sama, juga pernah ditemukan Rafflesia jenis Tuan Mudae mekar sempurna dengan diameter 111 sentimeter dan merupakan ukuran terbesar di dunia yang pernah tercatat dan didokumentasikan.

Untuk keberadaan bunga langka dan dilindungi itu pertama kali ditemukan pada bulan Oktober 2017 oleh masyarakat setempat, kemudian dilaporkan ke BKSDA Resor Agam.

“Perkembangan Bunga Rafflesia di lokasi itu hingga saat ini masih terus kita pantau dan monitor,” paparnya.

Lebih lanjut, menurut Ade, Raflesia Tuan Mudae mirip dengan Rafflesia Arnoldii, perbedaan yang mencolok ada pada morfologi atau fisik.

Diterangkan Ade, perbedaan antara bunga itu, terlihat pada warna kelopak atau perigon.

“Raflesia Arnoldii lebih ke oranye, sedangkan Tuan Mudae lebih merah maron. Lalu, perbedaannya juga dapat dilihat dari pola atau bercak pada kelopak. Arnoldii bercaknya ganda (besar dan kecil), sementara Tuan Mudae tunggal,” terangnya.

Kemudian, bercak pada Arnoldii juga lebih besar dan jarak antara satu bercak dengan yang lainnya juga sedikit berjauhan jika dibandingkan dengan Tuan Mudae.

Lihat juga: Foto: Tuan Mudae, Rafflesia Langka di Tanah Minang

Saat ini, di dunia ada sebanyak 31 jenis rafflesia, sebanyak 15 jenis terdapat di Indonesia, 11 jenis di antaranya itu berada di Sumatra.

Untuk Rafflesia Tuan Mudae, jelas Ade, pertama kali ditemukan di Serawak, Malaysia. “Bunga ini mekar hanya dalam rentang waktu 7-10 hari, setelah itu akan layu dan busuk,” katanya. [zfk]


Baca berita Agam terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler