Rafflesia Arnoldi Akan Segera Mekar Sempurna di Agam, Diameter Diperkirakan Mencapai 1 Meter

Lubuk Basung, Padangkita.com – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam kembali mengumumkan bahwa akan ada satu individu Bunga Rafflesia Arnoldi yang akan mekar di Jorong Data Simpang Dingin, Nagari Paninjauan, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatra Barat (Sumbar).

Padma Raksasa itu diperkirakan akan mekar sempurna dalam rentang waktu satu atau dua minggu lagi.

Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Resor Agam, Ade Putra mengatakan, saat mekar sempurna, Rafflesia Arnoldi itu diperkirakan akan memiliki diameter satu meter.

“Ada satu individu yang akan segera mekar sempurna. Prediksi kita diameternya mencapai satu meter,” ujar Ade, Sabtu (7/11/2020).

Menurut Ade, Padma Raksasa itu diketahui akan mekar berdasarkan hasil monitoring yang dilaksanakan pada Jumat (6/11/2020). Dan sudah ada beberapa individu yang telah melewati fase mekar sempurna.

“Hasil monitoring, sebanyak sembilan individu telah melewati fase mekar sempurna dan sudah layu, dan hanya satu lagi yang akan mekar,” paparnya.

Dijelaskan Ade, bunga itu mekar ditandai dengan perigon atau kelopak dari tabung knop mulai terangkat. Saat ini, knop bunga yang akan mekar tersebut sudah memancarkan warna merah maron.

Lebih lanjut, dia menambahkan, knop bunga itu memiliki keliling mencapai 122 sentimeter. Bunga itu tumbuh di permukaan tanah yang datar.

Di daerah itu, dengan jarak 100 meter, menurut Ade juga ditemukan sebanyak sembilan individu yang juga telah melewati fase mekar sempurna.

Baca juga: BKSD Sumbar: Rafflesia Langka yang Ditemukan di Agam Berukuran 107 Sentimeter

Sebelumnya, BKSDA Resor Agam juga pernah menemukan Rafflesia Langka jenis Tuan Mudae di Jorong Data tersebut. Rafflesia itu mekar sempurna dengan diaeter mencapai 107 sentimeter. [zfk]


Baca berita Agam terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler