Putri Maria Teresa, Anggota Kerajaan Dunia Pertama Meninggal karena Covid-19

Penulis: Julia Fitri

Spanyol, Padangkita.com – Kabar duka datang dari keluarga Kerajaan Bourbon-Parma, Spanyol atas meninggalnya Putri Maria Teresa pada Sabtu (28/3/2020) kemarin.

Ia menjadi anggota keluarga kerajaan pertama di dunia yang meninggal akibat terinfeksi virus corona atau Covid-19.

Dilansir dari laman The Sun, Putri Maria Teresa merupakan anak dari Pangeran Xavier dan Madeleine de Bourbon. Ia lahir di Paris, Prancis pada 28 Juli 1933.

Sang putri merupakan seorang profesor bidang sosiologi di Universitas Sorbonne Paris, Prancis dan di Universitas Complutense Madrid, Spanyol.

Tidak hanya sebagai profesor, Putri Teresa juga aktif mendukung hak-hak perempuan dan ide-ide sosialis. Hal itu membuatnya dijuluki sebagai ‘Red Princess’ semasa hidup.

Keluarga Kerajaan Bourbon-Parma sendiri merupakan cabang kadet dari Keluarga Kerajaan Spanyol yang diturunkan sejak dinasti Capetian Prancis.

Cabang kadet sendiri merupakan rumah bangsawan yang turun dari rumah bangsawan lainnya.

Pada umumnya cabang ini tercipta ketika anggota muda dari suatu rumah bangsawan yang bukan pewaris tahta keluarga diberikan tanah untuk membangun keluarga kerajaan mereka.

Sebelum adanya berita soal Putri Teresa meninggal, Kerajaan Britania Raya, Inggris juga telah mengumumkan bahwa Pangeran Charles memiliki gegala virus corona.

Ia dikabarkan hanya mengalami gejala ringan dan masih dalam keadaan sehat.

Baca juga: Mantan Intelijen AS Pembocor Dokumen ke WikiLeaks Berupaya Bunuh Diri di Penjara

Sebagai bentuk antisipasi, baik Pangeran Charles maupun Ratu Elizabeth II sudah melakukan isolasi mandiri sejak awal Maret 2020 kemarin.

Keduanya dipindahkan ke Kastil Windsor yang berada di wilayah Berkshire, Inggris dari Istana Buckingham, London.

Terpopuler

Add New Playlist