Punya Masalah Bau Mulut Ketika Puasa? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Mengatasinya

Penulis: Erika

Tips terbaru: inilah beberapa jenis makanan yang ampuh untuk menghilangkan bau mulut seseorang ketika dirinya sedang berpuasa.

Padangkita.com – Hampir semua orang pernah merasakan masalah bau pada mulutnya. Apalagi saat menjalani puasa di bulan Ramadhan, masalah bau mulut sering kali timbul dan tentunya sangat meresahkan bagi semua orang.

Bau mulut saat berpuasa merupakan suatu hal yang normal terjadi. Pasalnya, ketika berpuasa seseorang itu tidak makan dan minum selama berjam-jam yang membuat produksi air liur atau saliva ikut berkurang.

Akibatnya, fungsi pembersihan gigi menjadi tidak maksimal sehingga terjadilah masalah pada bau mulut.

Namun, Anda tak perlu khawatir akan hal itu. Jika Anda ingin terhindar dari masalah bau mulut ketika puasa, ada baiknya mengonsumsi beberapa jenis makanan ini.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini lima makanan yang ampuh untuk menghilangkan bau mulut saat puasa dan ada baiknya dikonsumsi saat sahut atau setelah berbuka puasa.

Yogurt

Yogurt sangat direkomendasikan untuk Anda yang kerap kali mengalami masalah pada bau mulut atau nafat tak segar. Ketika bulan ramadhan, Anda bisa mengonsumsi yogurt saat sahur dan berbuka untuk menghilangkan bau mulut.

Alasannya, yogurt mengandung gula alami yang dapat menghilangkan komponen sulfur di dalam mulut yang menjadi penyebab timbulnya bau.

Apel

Apel menjadi salah satu buah-buahan yang ampuh dalam menghilangkan bau mulut. Setelah Anda makan makanan sahur, ada baiknya mengonsumsi apel.

Hal ini dikarenakan mengunyah apel dapat membantu Anda memproduksi air liur yang menciptakan pembersih mulut alami, sehingga membantu membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan.

Tidak hanya itu, apel juga dapat memberikan kelembapan pada mulut yang diperlukan untuk menghilangkan bakteri.

Jeruk atau Lemon

Jeruk dan lemon kaya akan kandungan vitamin C yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Vitamin C dalam jeruk dan lemon juga dapat menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan.

Selain itu, vitamin C baik untuk dikonsumsi agar terhindar dari penyakit gusi serta gigi yang menjadi penyebab bau mulut.

Jahe

Jahe juga dapat membantu Anda mengatasi masalah bau mulut. Rasa pedas dari jahe dapat merangsang enzim dalam mulut untuk memecah bau sehingga berubah menjadi segar.

Caranya dengan memakan sepotong jahe setelah makan sahur. Namun, jika Anda tidak suka dengan jahe, bisa juga dengan cara berkumur menggunakan air jahe.

Peterseli

Dengan mengunyah tangkai peterseli, bau mulut atau napas Anda akan segar kembali. Selain di mulut, kandungan herbal yang dimiliki oleh peterseli juga dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan serta memberi sensasi segar di perut.

Hal itu dikarenakan peterseli memiliki kandungan polifenol yakni bahan kimia alami yang dijadikan sebagai obat bau mulut serta menyegarkan napas. [*/rik]


Baca tips terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler