Pulihkan Ekonomi Nasional, Pengusaha Muda Harus Bangun Daerah

Penulis: Isran Bastian

Pariaman, Padangkita.com – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Bagas Adhadirgha meminta pengusaha muda berkontribusi membangun daerah, demi pemulihan ekonomi nasional.

“Kami di HIPMI, siap untuk menyukseskan pemulihan ekonomi bersama para pelaku usaha muda, baik di Sumatra Barat sendiri maupun Indonesia,” ujarnya saat menghadiri Rakerda BPD HIPMI Sumatra Barat Tahun 2022, di Aula Balaikota Pariaman, Selasa (28/6/2022) sore.

Menurutnya, dengan terbukanya peluang usaha bagi generasi muda, maka akan menumbuhkan entrepreneur baru yang dapat membuka lapangan kerja dan peningkatan ekonomi daerah dan nasional.

Bagas juga mengatakan, cita-cita HIPMI sebagai lokomotif tumbuhnya ekosistem usaha di seluruh provinsi kabupaten dan kota yang ada di Indonesia, sehingga bisa mendongkrak jumlah pengusaha sebanyak mungkin.

“Kita menargetkan jumlah pengusaha Indonesia dari 3 persen, dapat meningkat menjadi 14 persen, agar ekonomi negeri ini semakin kuat dan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya,” tukasnya.

CEO Asia Aero Technology ini juga berharap, Rakerda HIPMI Sumbar dapat menghasilkan program dan inovasi baru dalam menghadapi destruksi ekonomi secara regional maupun nasional, di mana peran pengusaha hendaknya pandai menangkap peluang, dalam menciptakan peningkatan kesejahteraan bagi mereka dan masyarakat di sekitarnya.

“Tahun ini, HIPMI memasuki usia yang ke-50 tahun, suatu usia yang sudah mapan baik dari sisi organisasi maupun kader yang dilahirkan. Sebagai organisasi yang sudah banyak melahirkan kader pengusaha dan pemimpin nasional, maka perayaan HUT Emas yang merupakan tahun istimewa ini, dijadikan momentum untuk lebih meningkatkan peran HIPMI dalam membangun perekonomian bangsa ke depan,” ungkapnya.

Bagas juga menuturkan rangkain HUT HIPMI dengan menggelar HIPMI Expo, Museum HIPMI, Business Matching, hingga Indonesian Young Leader Forum yang dihadiri para Menteri Kabinet Kerja dan juga para Ketua Umum Parpol (Partai Politik).

“Rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 HIPMI pada 10-12 Juni yang lalu, yang kita adakan di JCC Senayan, dibuka langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo, dan Pak Presiden dari yang awalnya hanya 1 jam saja, saking asyiknya acara kita, dapat bertahan sampai 3 jam, karena tertarik dengan berbagai stand pameran HIPMI Expo, yang dijajakan oleh pengusaha dari 34 Provinsi di indonesia,” terangnya.

Pameran HIPMI Expo ini, merupakan agenda HIPMI dalam membantu mempromosikan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) daerah yang berkualitas, peluang investasi, dan sektor pariwisata unggulan. Bagas berharap, keberhasilan kegiatan HUT HIPMI ke-50 kemaren, dapat dijadikan sebagai peluang UMKM dalam menbangkitan perekonomian yang ada di daerah.

Baca Juga: Kisah Dandy Salwa, Pemuda di Pariaman yang Terima Bantuan Kaki Palsu dari Andre Rosiade

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Pariaman Genius Umar menyerahkan cenderamata miniatur Tabuik kepada Bagas sebagai Sekjen BPP HIPMI yang datang dari pusat. Rakerda BPD HIPMI Sumbar ini, dibuka oleh Wakil Gubernur Sumatra Barat, Audy Joinaldy, dan dihadiri langsung oleh Wali Kota Pariaman Genius Umar selaku tuan rumah, Wakil Ketua Umum BPP HIPMI, Akbar Buchari, Ketua Umum BPD HIPMI Sumbar, Brian Putra Bastara beserta jajaran BPD HIPMI Sumbar. [*/isr]

Terpopuler

Add New Playlist