PT Semen Padang Raih Dua Predikat The Gold Award di ISDA 2022

Penulis: Redaksi

Jakarta, Padangkita.com – PT Semen Padang kembali menorehkan prestasi. Kali ini perusahaan Semen Pertama di Indonesia dan Asia Tenggara ini mendapat pengakuan di tingkat nasional melalui ISDA (Indonesian SDGs Award 2022).

Pelaksanaan program CSR atau TJSL PT Semen Padang berhasil meraih dua predikat The Gold Award, dari dua program yang diikutkan pada ajang yang diselenggarakan Corporate Forum For Community Development (CFCD) tersebut.

Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Iskandar Z Lubis mengungkapkan, dua predikat The Gold Award yang diraih PT Semen Padang melalui Program Perbaikan Intake Aliran Sungai Lubuk Sariak di Kelurahan Baringin, Lubuk Kilangan, Padang.

Sementara satu lagi melalui program Konservasi Ikan Bilih di Taman Keanekaragaman Hayati PT Semen Padang dan di Danau Singkarak Nagari Sumpur Tanah Datar.

“Prestasi ini bukti bahwa berbagai program CSR yang dilaksanakan Semen Padang selama ini sudah sesuai standar ‘best practice’ yang berlaku di industri, dengan mengacu pada ISO 26000 SR dan mendapat pengakuan dari lembaga berkompeten di bidang CSR,” ujarnya dilansir Rabu (23/11/2022).

Ia memaparkan, program perbaikan Intake Aliran Sungai Lubuk Sariak merupakan salah satu dari empat pilar strategic flagship pengelolaan CSR/TJSL PT Semen Padang.

Program ini sangat bermanfaat bagi 235 KK terutama dalam pengairan sawah seluas 120 Ha yang dikelola 3 (tiga) kelompok tani dan 15 unit kolam air deras di Kelurahan Baringin.

“Pasca banjir bandang 2015 lalu, yang merusak intake yang pernah ada sebelumnya, membuat lahan pertanian dan perikanan masyarakat mengalami kekeringan. Namun kini, masyarakat kembali dapat memanfaatkan lahannya tersebut untuk meraih rezeki,” ungkap Iskandar.

Sementara itu untuk Program Konservasi Ikan Bilih (Mystacoleucus padangensis), merupakan pencapaian TPB 15.5 dengan melakukan tindakan cepat dan signifikan untuk mengurangi degradasi habitat alami, menghentikan kehilangan keanekaragaman hayati.

“Pada tahun 2020, Ikan bilih sudah mulai terancam punah karena aktifitas pengambilannya yang tidak selektif. Padahal, ikan bilih berperan penting sebagai sumber mata pencaharian masyarakat disekitar Danau Singkarak,” terangnya.

Kepala Unit CSR PT Semen Padang, Rinold Thamrin menambahkan, pelaksanaan program tersebut sudah dimulai sejak tahun 2018 lalu dengan melakukan berbagai penelitian terhadap species dan tempat habitatnya.

“Dan di tahun 2022 ini, kita telah melakukan pengembalian sebanyak dua kali ikan bilih dengan jumlah 7000 ekor ke Danau Singkarak di Nagari Sumpur. Bahkan kita juga telah membuat resevate area berupa rumpon untuk perlindungan dan pengembangbiakan ikan ,” kata Rinold.

Pihaknya berupaya terus konsisten dalam pelaksanaan program CSR, dengan semangat “Basinergi Mambangun Nagari” sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap masyarakat sekitar dan menjadi strategi perusahaan agar terus tumbuh dan berkembang bersama lingkungan.

“Terima kasih kepada CFCD yang telah menyelenggarakan award ini, hasil yang kami peroleh pada kesempatan ini akan jadi salah satu tolak ukur keberhasilan program CSR/TJSL kami kedepan dan sebagai wujud partisipasi tanggung jawab sosial perusahaan menuju SDGs 2030,” tambahnya.

Malam Anugerah ISDA 2022 yang dilaksanakan di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan Jakarta Selatan, Selasa (22/11/2022).

Hadiri dalam kesempatan tersebut, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan President of The CSR Company International Martin Neureiter.

Baca Juga : Upaya Kawasan Pabrik Indarung I Semen Padang Menjadi Warisan Dunia Semakin Nyata

Sementara itu dari PT Semen Padang yang hadir menerima penghargaan adalah Dirut PT Semen Padang diwakili Kepala Unit CSR/TJSL, Rinold Thamrin dan Staf CSR Roni Putra. [rel/hdp]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

 

Terpopuler

Add New Playlist