Program MBKM, Unand Turunkan Mahasiswa Bantu Pariaman Turunkan Stunting dan ODF

Penulis: Redaksi

Pariaman, Padangkita.com – Universitas Andalas (Unand) akan menurunkan mahasiswa ke Kota Pariaman dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Kegiatan mahasiswa nanti di antaranya membangun desa, proyek kemanusiaan dan asistensi mengajar.

Rencana tersebut disampaikan Ketua Tim Unit Pelaksana Teknis Pendidikan di Luar Kampus (UPTD PDK) Unand, Syofyan, dalam kunjungannya ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kota Pariaman, Jumat (13/1/2023).

Syofyan menyebutkan, kunjungannya untuk membicarakan kesiapan daerah dan sinkronisasi rencana kegiatan MBKM perguruan tinggi dengan program Pemko Pariaman.

“Pariaman akan dibantu oleh mahasiswa dalam mencarikan solusi dari isu yang berkembang seperti stunting, sanitasi, pemberdayaan ekonomi dan kegiatan sosial kemasyarakatan,” ungkapnya.

Ia berharap Pemko Pariaman memberikan rekomendasi desa-desa yang akan ditempati oleh mahasiswa sesuai dengan kriteria dan permasalahan yang akan diselesaikan pada desa tersebut.

Kepala DPMD Kota Pariaman, Yalvi Endri menyambut baik kedatangan mahasiswa Unand ini.

“Ilmu yang telah didapatkan di perguruan tinggi, agar diimplementasikan di lapangan untuk menyelesaikan permasalahan di daerah,” tutur Yalvi.

Ia mengharapkan kegiatan MBKM efektif mendukung program Pemko Pariaman seperti penurunan stunting, Pariaman tuntaskan open defecation free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan melalui pembangunan jamban dan sanitasi.

“Sehingga 2023 seluruh warga sudah memiliki jamban sehat serta menghidupkan kembali semangat gotong royong warga yang sudah mulai hilang,” ungkapnya.

Baca juga: Stop Buang Air Besar Sembarangan! 1.649 Rumah di Pariaman dapat Bantuan Jamban

Kegiatan MBKM akan dilaksanakan pada bulan Februari 2023 selama 4 bulandi sejumlah desa di Kota Pariaman. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist