Presiden Jokowi Minta Unand Melompat Lebih Tinggi Jadi Penggerak Kemajuan Bangsa

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan sambutan dalam acara puncak Dies Natalis ke-65 dan Lustrum XIII Universitas Andalas (Unand) secara virtual pada Senin (13/9/2021).

“Unand harus mampu melompat lebih tinggi mengambil peran yang signifikan dalam merespons disrupsi besar-besaran yang melanda kita sekarang ini,” kata Jokowi.

Selain Dies Natalis dan Lustrum, pada kesempatan itu, Jokowi juga mengucapkan selamat atas peluncuran Unand menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) yang ke-13 di Indonesia.

Jokowi menyinggung soal tantangan yang harus dijawab Unand pada era disrupsi.

“Unand harus terus mengembangkan ekosistem pembelajaran adaptif dan inovatif serta memperkuat riset dan inovasi berkelanjutaan,” kata Jokowi.

Dengan demikian, lanjut Jokowi, Unand dapat menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul yang dapat berkontribusi dalam memecahkan persoalan bangsa.

Jokowi meminta Unand dapat memberikan ruang dan kesempatan yang seluas-luasnya kepada para mahasiswa untuk mengembangkan talenta mereka dan memfasilitasi mereka dengan berbagai program.

“Memfasilitasi mahasiswa untuk belajar kepada siapapun, di mana pun, dan tentang apapun serta mengundang pihak di luar kampus baik dari kalangan praktisi maupun profesional untuk menjadi pengajar dan mentor bagi para mahasiswa,” terang Jokowi

Untuk itu, lanjut Jokowi, Unand harus membangun jejaring dan kerja sama dengan organisasi maupun praktisi.

“Kerja sama dengan organisasi dan praktisi, termasuk para pelaku industri harus terus digalakkan dalam berbagai bentuk program. Mulai dari mentoring mahasiswa, fasilitasi magang mahasiswa di dunia industri, sampai dengan memperbanyak tenant industri di dalam kampus ,” katanya.

Jokowi berharap, Unand sebagai perguruan tinggi pertama yang didirikan di pulau Sumatra dapat merepresentasikan harapan kemajuan yang selalu diperjuangkan oleh proklamator kemerdekaan Indonesia, Muhammad Hatta.

“Saya meyakini Unand akan terus tumbuh menjulang tinggi, menjadi sumbu penggerak kolaborasi untuk mencerdaskan kehidupan masyarakan serta mewujudkan kemajuan bangsa dan negara,” pungkasnya.

Baca juga: Unand Rayakan Dies Natalies ke-65 dengan Sederet Prestasi Sebagai Kado Istimewa

Dies Natalis ke-65 dan Lustrum XIII Unand diselenggarakan bersamaan dengan peluncuran Unand yang baru saja resmi menyandang status Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH). [den/pkt]

Terpopuler