Presiden Jokowi Minta Semua Daerah Buat Aturan Larangan Mudik, Lonjakan Kasus Covid-19 di Sumbar Tinggi

Penulis: Ahmad Romi

Berita Pasaman Barat hari ini dan beirta Sumbar hari ini: Presiden Jokowi menekankan agar semua kepala daerah membuat kebijakan larangan mudik.

Simpang Empat, Padangkita.com – Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Hamsuardi dan Wakil Bupati Risnawanto serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Presiden Joko Widodo secara virtual di aula Kantor Bupati, Rabu (28/4/2021).

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi menekankan agar semua kepala daerah membuat kebijakan larangan mudik, karena tingginya lonjakan kasus Covid-19 sejak akhir Maret lalu.

Presiden Jokowi dalam rapat itu menyatakan pemerintah (pusat) telah menerbitkan aturan larangan mudik untuk menekan angka peningkatan Covid-19.

“Bisa kita lihat lonjakan penyebaran Covid-19 semakin hari semakin tinggi dan Sumbar termasuk salah satu daerah peningkatan Covid-19 yang tinggi di Indonesia,” kata Jokowi.

Penyebaran Covid-19 ini, lanjut Presiden, bukan hanya mempengaruhi bidang sosial, tetapi juga bidang perekonomian. Terlihat pada peta perekonomian di Indonesia dan hampir di seluruh provinsi terjadi penurunan aktivitas bidang ekonomi.

“Untuk itu, dengan tingginya lonjakan Covid-19 di Indonesia makanya mudik tidak diperbolehkan,” ingat Presiden.

Baca juga: Larangan Mudik 2021, Kepala BNPB: Kerinduan Terhadap Keluarga Bisa Timbulkan Hal Tragis

Sebelumnya, Bupati Hamsuardi juga menegaskan, akan melakukan penjagaan di pos sekat Ranah Batahan yang bekerja sama dengan TNI dan Polri, karena Pasbar merupakan salah satu pintu masuk ke Sumbar dari Sumatra Utara (Sumut). [pkt]


Baca berita Pasaman Barat hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler