Presiden Jokowi: Kondusifitas Percepat Wujudkan Pemulihan Ekonomi

Penulis: Isran Bastian

Batusangkar, Padangkita.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kalau Polri tidak sekadar institusi penegak hukum, melainkan juga bertanggung jawab atas hadirnya keamanan untuk masyarakat.

“Pemulihan ekonomi, penanganan kesehatan, hingga reformasi struktural, hanya dapat dilaksanakan dalam situasi aman dan kondusif. Untuk itulah Kepolisian Republik Indonesia hadir di tengah-tengah rakyat,” ingat Presiden saat peringatan Hari Bhayangkara Kepolisian Republik Indonesia (Polri) Ke-76, Selasa (5/7/2022).

Peringatan Hari Bhayangkara dilaksanakan secara virtual yang diikuti tiap aparat Kepolisian di daerah di seluruh Indonesia.

Khusus di Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), Polisi Daerah (Polda) Sumbar melaksanakan upacara peringatan tersebut di halaman Istano Basa Pagaruyung, Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar secara virtual dengan Presiden.

Peringatan HUT Bhayangkara Polri jatuh setiap 1 Juli, tahun ini mengangkat tema “Polri yang Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh – Indonesia Tumbuh”.

Selepas upacara, Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra mengatakan, pemilihan Istano Basa Pagaruyung sebagai pusat pelaksanaan HUT Bhayangkara dengan berbagai pertimbangan, salah satunya hal teknis.

“Istano Basa Pagaruyung bisa menampung barisan pasukan dan tamu karena memiliki lokasi cukup luas. Dan juga sebagai bentuk aktualisasi nilai-nilai budaya yang ada di Istano kebanggaan orang Minang ini,” katanya.

Dikatakan dia lagi, momentum HUT Bhayangkara ke -76 menjadi momentum bagi Polri di Sumbar untuk tetap berjiwa melindungi, mangayomi dan melayani masyarakat.

“Hakikatnya Polri lahir dari rakyat, tumbuh dan besar bersama rakyat serta bekerja untuk rakyat,” tukas Teddy.

Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian disela kegiatan syukuran Hari Bhayangkara selepas upacara menyampaikan, ungkapan dan ucapan selamat kepada Kepolisian Republik Indonesia atas HUT Bhayangkara ke 76.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Saya menyampaikan selamat HUT Bhayangkara ke 76, semoga jalinan kerjasama dan sinergi bersama Pemerintah Kabupaten Tanah Datar semakin baik lagi ke depan,” katanya.

Ditambahkan Richi, atas nama Pemerintah Daerah disampaikan ucapan terima kasih telah memilih Tanah Datar sebagai pusat lokasi peringatan HUT Bhayangkara ke 76 Tahun 2022.

“Terima kasih pelaksanaan acara di Istano Basa Pagaruyung ini, karena menjadi kebanggaan bagi kami masyarakat Luhak Nan Tuo. Dan kami juga mendukung Restorative Justice antara Polri dengan LKAAM dalam rangka mewujudkan penegakan hukum yang berkeadilan di Sumbar,” tukasnya.

Diketahui, dalam menyambut HUT Bhayangkara ke 76, Polda Sumbar memusatkan kegiatannya di Istano Basa Pagaruyung dengan menggratiskan tiket masuk.

Baca Juga: Pengumuman Hasil Seleksi Penerimaan Polri di Polda Sumbar: 507 Lulus Bintara, 12 Lulus Akpol

Perayaan HUT juga diwarnai dengan pameran Alutsista Polri, stand kuliner, hiburan musik, kesenian daerah, penyerahan Bantuan Sosial dan juga pembagian makanan gratis. [djp/isr]

Terpopuler

Add New Playlist