PPDB SD dan SMP Dibuka Secara Offline dan Online

Penulis: Rina Akmal

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: PPDB online ini dapat dilakukan melalui laman http://PSB.diknaspadang.id

Padang, Padangkita.com– Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Padang, Danti Arvan mengatakan, penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2022 tingkat SD dan SMP Negeri/Swasta di Kota Padang dilaksanakan secara offline dan online.

PPDB SD secara offline dilaksanakan melalui dua jalur. Yakni jalur inklusif, termasuk dalam kuota jalur afirmasi dengan kuota maksimal 15 persen

“Dan jalur anak kandung guru dan tenaga kependidikan (GTK), termasuk dalam kuota jalur perpindahan tugas orang tua atau wali dengan maksimal 5 persen,” ujarnya, Selasa (25/5/2021).

Sementara untuk PPDB SMP dilaksanakan tiga jalur. Yakni jalur inklusif, termasuk dalam kuota jalur afirmasi dengan kuota maksimal 15 persen.

Jalur prestasi non-akademik dan jalur tahfiz Quran minimal 3 juz, termasuk dalam kuota jalur prestasi dengan kuota minimal 25 persen.

Serta jalur anak kandung guru dan tenaga kependidikan (GTK), termasuk dalam kuota jalur perpindahan tugas orang tua atau wali, dengan kuota maksimal 5 persen.

Khusus jalur prestasi non-akademik, calon peserta didik memiliki prestasi di bidang Olimpiade Sains Nasional, Olimpiade Olahraga Siswa Nasional dan atau Kejuaraan Olahraga Nasional, Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional dan Lomba Penelitian Ilmiah Remaja dengan memperoleh paling rendah juara 1 perorangan tingkat Kota Padang.

Sementara untuk prestasi MTQ paling rendah juara 3 tingkat Kota Padang dan juara 3 tingkat propinsi untuk siswa dari luar daerah.

Danti menjelaskan, pendaftaran dan pengambilan formulir (offline) jalur prestasi non-akademik ini dilaksanakan pada 24 Mei-25 Mei 2021.

Untuk jalur prestasi bidang tahfiz Quran (offline) pendaftaran pada 24-25 Mei 2021. Sedangkan jalur anak kandung guru dan tenaga kependidikan tempat tugas (offline), pendaftaran dan pengambilan formulir pada 2-4 Juni 2021.

Untuk jalur inklusi pendaftaran asesmen pada 17-28 Mei 2021 di UPTD LDPI Disdikbud Padang.

Lebih lanjut Danti mengatakan, untuk PPDB online tingkat SD akan dibuka pada 14 Juni-19 Juni mendatang. Sementara tingkat SMP negeri/swasta pada 21 Juni-26 Juni mendatang.

PPDB online SD dilaksanakan melalui tiga jalur. Yakni jalur zonasi dengan kuota minimal 80 persen, jalur afirmasi kuota maksimal 15 persen dan jalur perpindahan tugas orang tua atau wali dengan kuota maksimal 15 persen.

“Sedangkan PPDB online tingkat SMP, pendaftaran dilakukan melalui 4 jalur. Yakni jalur zonasi dengan kuota maksimal 55 persen, jalur afirmasi, dengan kuota maksimal 15 persen, jalur perpindahan tugas orang tua/wali, kuota 5 persen dan jalur prestasi dengan kuota minimal 25 persen,” jelas Danti.

Baca juga: Produk Daur Ulang dari Sampah di Padang Kini Telah Dijual di Mal dan Swalayan

Danti menambahkan, PPDB online ini dapat dilakukan melalui laman http://PSB.diknaspadang.id. [*/rna]

Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler