Positif Covid-19 di Pasbar Bertambah Empat Kasus, Dua Orang Meninggal Dunia

Penulis: Ahmad Romi

Simpang Empat, Padangkita.com – Sebanyak empat orang warga Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) terkonfirmasi positif Covid-19, Minggu (8/11/2020). Dua orang diantaranya telah meninggal dunia sebelum hasil tes swabnya keluar dari Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand, Padang.

Dua pasien yang meninggal itu adalah almarhum HJ, 68 tahun dan almarhum Z, 67 tahun yang merupakan warga Jorong Pasar Lama, Kecamatan Lembah Melintang.

Baca Juga

“Almarhum Tn.HJ ini merupakan pasien suspek yang dirawat di RSUD Pasbar dan meninggal dunia tanggal 6 November 2020. Sedangkan almarhum Z yang juga pasien suspek yang dirawat di RSUP M.Djamil Padang dan meninggal dunia tanggal 7 November 2020,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19, Gina Alecia kepada wartawan di Simpang Empat, Minggu (8/11/2020) sore.

Kedua pasien ini kata Gina, telah dimakamkan di Kecamatan Lembah Melintang sebelum hasil swabnya masing-masing keluar pada hari ini.

“Untuk almarhum HJ meninggal dunia sekira pukul 08.50 WIB di RSUD Pasbar, dan almarhum Tn.Z sekitar pukul 03.45 WIB di RSUP M.Djamil Padang,” lanjutnya.

Disampaikan, Kedua almarhum ini dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan informasi dari Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand Nomor: 590/11/PDRPI-FK/2020 tanggal 8 November 2020.

Kemudian, berdasarkan hasil laboratorium dengan Nomor: 613/11/PDRPI-FK/2020 tanggal 8 November 2020 terhadap hasil swab yang dilaksanakan di Dinas Kesehatan Pasaman Barat tanggal 5 November 2020, didapatkan dua orang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Pasien berinisial Tn. AS, 52 tahun warga Jorong Padang Laweh, Kecamatan Luhak Nan Duo dan Ny. MM, 39 tahun warga Jorong Pasaman Baru, Kecamatan Pasaman,” jelas Gina Alecia.

Keduanya merupakan pasien yang kontak erat dari kasus positif Covid-19 sebelumnya dan saat ini terhadap pasien sedang dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di RSUD Pasaman Barat dan direncanakan untuk diisolasi di Balai Diklat BKPSDM Talu.

“Saat ini telah dilaksanakan langkah cepat proses tracking untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Mari kita saling bekerjasama dalam menghambat laju penularan Covid-19 ini dengan selalu bersikap kooperatif,” imbau Gina.

Ia juga mengajak agar masyarakat selalu bersikap tenang dan memberikan dukungan agar seluruh masyarakat selalu bahu-membahu membasmi penyebaran Covid-19 di Bumi Mekar Tuah Basamo ini.

“Mari selalu disiplin mematuhi protokol kesehatan Covid-19 seperti rajin mencuci tangan dengan air mengalir, selalu memakai masker, menjaga jarak serta menjauhi kerumunan,” pungkasnya.

Baca Juga: Covid-19 di Padang 8 November: Positif Bertambah 100, Sembuh 152 dan Meninggal Dunia 1 Orang

Terakhir, disampaikan Gina bahwa hingga saat ini kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Pasbar berjumlah 182 kasus, dan yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 133 orang, meninggal dunia 14 orang, serta yang masih menjalani karantina atau perawatan sebanyak 35 orang. [abe]


Baca berita Pasaman Barat terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler