Positif Covid-19, Anak Usia 6 Tahun Jadi Pasien Termuda di Sumbar

Tambah 2, Pasien Positif Covid-19 di Pessel Jadi 16 Orang

Penulis: Redaksi

Painan, Padangkita.com – Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) terus mencatat penambahan pasien positif Covid-19. Terbaru, ada lagi dua pasien yang dinyatakan positif berdasarkan pemeriksaan swab dari Labor Biomedik, Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi FK Unand, Padang, Sabtu (25/4/2020).

Dengan tambahan dua pasien ini, berarti hingga Minggu (26/4/2020) total jumlah pasien positif Covid-19 di Pessel menjadi 16 orang.

Baca Juga

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pessel, Rinaldi menyebutkan pasien positif Covid-19 yang baru ini, terdiri dari satu orang pasien laki-laki, mahasiswa berumur 26 tahun. Diduga dia terinfeksi setelah kontak dengan adiknya yang lebih dulu dinyatakan positif.

“Adiknya adalah pasien positif Covid-19 ke-6,” kata Rinaldi yang juga Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Pessel, Minggu (26/4/2020).

Satu lagi pasien yang terbaru adalah perempuan masih berumur enam tahun. Pasien ini tercatat sebagai yang termuda di Pessel, sekaligus di Sumbar.

Baca juga: Penerapan PSBB, Pasar Tradisional di Lumpo Pesisir Selatan Ditutup

“Dia terpapar dari orang tuanya yang merupakan pasien positif ke-7,” ujar Rinaldi.

Dari 16 pasien positif Covid-19 di Pessel, yang sembuh sejauh ini masih tiga orang. Sementara 13 lainnya dirawat di sejumlah rumah sakit. Rinciannya, satu orang dirawat di RS Achmad Mochtar Bukittinggi, dua orang di SPM Padang Besi Padang, dan delapan orang dikarantina di gedung Bapelkes Sumbar di Padang.

Sedangkan dua pasien kasus positif Covid-19 yang baru, masih berada di tempat karantina Rusunawa Painan Selatan, Pessel.

Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di Pessel tercatat sebanyak 12 orang. Mereka tersebar di sejumlah rumah sakit, yakni enam orang dirawat RS M Zein Painan, satu orang dirawat di RS Unand Padang, satu orang dirawat di RS M Djamil Padang, satu orang di RSUD Rasyidin Padang, dan tiga orang isolasi mandiri di rumah.

Sementara itu, orang dalam pemantauan (ODP) tinggal 46 orang dari total 306 orang, setelah 260 orang selesai pemantauan. Orang tanpa gejala (OTG) tinggal 148 orang yang masih dipantau, dari total 339 orang, setelah 191 orang selesai dipantau.

Berikutnya 4.048 orang yang berstatus pelaku perjalanan (notifikasi) juga sudah selesai dipantau. Jadi, dari total 5.878 orang, tinggal 1.830 lagi yang masih dipantau. Terakhir, masih tercatat 26 orang menjalani karantina, dari total 120 orang. [*/pkt]


Baca berita Pesisir Selatan terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist