Positif Corona di Pasaman Barat 19 November Bertambah 10 Orang

Penulis: Ahmad Romi
|
Editor: Zulfikar

Simpang Empat, Padangkita.com – Sebanyak 10 warga Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) dilaporkan positif terinfeksi Virus Corona (Covid-19) hari ini, Kamis (19/11/2020).

Dari 10 kasus positif Covid-19 yang ditemukan itu, satu di antaranya pelaku perjalanan, ia diketahui positif terinfeksi Covid-19 berdasarkan hasil pengambilan swab di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), yaitu orang perempuan berinisial YWN, 44 tahun.

Baca Juga

Lalu, satu orang lagi yaitu pasien suspek yang dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang, perempuan berinisial NM, 62 tahun.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Pasaman Barat, Gina Alecia menyebutkan, selain dua kasus positif di atas, ada delapan kasus positif lagi yang ditemukan dari pengambilan swab di Puskesmas Sukamenanti tanggal 17 November 2020.

“Hari ini kita dapat informasi dari Laboratorium Nomor: 1351/11/PDRPI-FK/2020 ada delapan kasus positif Covid-19. Lalu, juga ada tambahan dari pemeriksaan di bandara dan juga ada satu lagi kasus positif yang merupakan pasien suspek di RSUP M Djamil Padang,” ujar Gina kepada wartawan di Simpang Empat, Kamis (19/11/2020).

Terkait temuan 10 kasus positif Covid-19 itu, jelas Gina, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan lanjutan terhadap para pasien.

“Mereka diperiksa di RSUD Pasaman Barat dan direncanakan akan diisolasi di UPT Diklat BKPSDM Talu,” ungkapnya.

Berikut rincian temuan 10 kasus positif Covid-19 di Pasaman Barat hari ini:

  • Perempuan berinisial R, 36 tahun, warga Jorong Bukit Nilam, Kecamatan Pasaman.
  • Laki-laki berinisial YA, 15 tahun, warga Jorong Bukit Nilam, Kecamatan Pasaman.
  • Laki-laki berinisial AF, 3 tahun, warga Jorong Bukit Nilam, Kecamatan Pasaman.
  • Laki-laki berinisial REP, 8 tahun, warga Jorong Bukit Nilam, Kecamatan Pasaman.
  • Perempuan berinisial F, 45 tahun, warga Jorong Simpang Empat, ia merupakan orang yang kontak erat dengan kasus konfirmasi positif sebelumnya.
  • Perempuan berinisial LPY, 36 tahun warga Jorong Kampung Cubadak, Kecamatan Pasaman yang juga kontak erat dengan kasus konfirmasi positif sebelumnya.
  • Perempuan berinisial SA, 45 tahun warga Simpang Tiga Timur, Kecamatan Luhak Nan Duo yang merupakan pasien suspek Covid-19.
  • Perempuan WN, 32 tahun warga Jorong Pasaman Baru juga merupakan pasien kontak erat dengan kasus konfirmasi positif sebelumnya.
  • Perempuan berinisial YWN, 44 tahun warga jorong Pasaman Baru, Kecamatan Pasaman, ia diketahui positif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab di Bandar Udara Minangkabau Padang tanggal 16 November 2020.
  • Perempuan berinisial NM, 62 tahun, ia merupakan pasien suspek yang dirawat di RSUP M Djamil Padang, yaitu warga Jorong Koto Pinang, Kecamatan Lembah Melintang, saat ini juga dirawat di RSUP M Djamil Padang.

Gina menambahkan, pihaknya juga sudah melakukan tracking dan tracing kasus untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pasaman Barat.

“Mari kita saling bekerjasama dalam menghambat laju penularan Covid-19 ini dengan selalu bersikap kooperatif serta selalu bersikap tenang dan mohon dukungan seluruh masyarakat untuk selalu bahu-membahu membasmi penyebaran Covid-19 di Bumi Mekar Tuah Basamo ini,” ajak Gina.

Ia berharap agar masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan Covid-19, seperti rajin mencuci tangan dengan air mengalir, selalu memakai masker, menjaga jarak serta menjauhi kerumunan adalah langkah tepat dalam menghambat terjadinya penularan Virus Corona.

Baca juga: Seorang Warga di Pasaman Barat Positif Corona untuk Kedua Kalinya

“Hingga saat ini, total yang terpapar sudah mencapai 230 orang, sembuh sebanyak 167 orang dan meninggal dunia 15 orang serta diisolasi sebanyak 48 orang,” katanya. [zfk]


Baca berita Pasaman Barat terbaru, berita Sumbar terbaru dan berita Virus Corona (Covid-19) terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler