Pos Padang Mulai Salurkan BST Rp600 Ribu dan Beras 10 Kilogram, Ditargetkan Tuntas Seminggu

Penulis: Fuadi Zikri

Padang, Padangkita.com – Kantor Pos Padang mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Program Keluarga Harapan (PKH) bagi warga Kota Padang, Selasa (27/7/2021).

Setiap warga yang tercatat sebagai Keluarga Peneriman Manfaat (KPM) akan mendapatkan BST sebesar Rp600.000 ditambah dengan beras 10 kilogram. Sementara, PKH mendapatkan beras 10 kilogram.

Kepala Kantor Pos Padang, Agus Tria Dian mengatakan, BST tersebut dicairkan untuk bulan Mei dan Juni 2021 yang masing-masing besarannya yaitu Rp300.000 per-bulan.

“Pembagian ini akan berlangsung sekitar satu minggu, mulai hari ini hingga tanggal 30 Juli 2021,” kata Agus di Kantor Pos Padang, di sela-sela pembagian BST, Selasa (27/7/2021) pagi.

Agus mengatakan, pihaknya menargetkan pembagian BST rampung selama waktu yang dijadwalkan untuk 18.560 KPM di Kota Padang dengan total anggaran Rp11,136 miliar dan 359 ton beras.

Soal alur pembagian, kata Agus, pihaknya telah menyiapkan skema tertentu untuk mempercepat proses penyaluran sekaligus mengantisipasi penyebaran Covid-19 saat pembagian BST.

“Untuk penyalurannya kami bagi menjadi beberapa titik bayar untuk memecah kerumunan agar menghindari penularan Covid-19 sembari melakukan percepatan penyaluran bantuan,” ujarnya.

Lebih lanjut Agus menyebutkan, pihaknya juga membagi jadwal pembagian, mulai dari jadwal kedapatangan KPM ke kantor pos hingga jadwal per kecamatan.

“Kami juga membatasi KPM yang datang, per jamnya 120-130 KPM yang diundang. Sehingga yang datang langsung bisa kami proses secara efektif dan efisien. Per hari kecamatannya juga beda, hari ini Kecamatan Padang Selatan,” ulasnya.

Selain itu, tambah Agus, pembagian juga diadakan di beberapa lokasi, yaitu Pos Kantor Utama, di Khatib Sulaiman, Indarung, Bungus, dan di Balai Kemensos di Pauh.

Wali Kota Padang, Hendri Septa sebelumnya juga mengatakan, bantuan yang dibagikan ini merupakan bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos). Dalam waktu dekat, pihaknya juga akan membagikan bantuan dari Pemko Padang.

“Kami sudah menyusunnya, paling lama dua minggu ini, sambil kami lihat berapa yang mau membantu, kami patok 30 ribu KK miskin yang akan kami bantu berupa beras 10 beras per-KK,” ujarnya.

Baca juga: UMKM, Warung Kecil dan PKL Silakan Daftar Untuk Dapat Bansos Rp1,2 Juta

Pantauan Padangkita.com, proses pembagian BST di Kantor Pos Padang sudah mulau berlangsung sejak pukul 08.00 WIB. Warga yang datang langsung diarahkan untuk mengambil nomor antrean sembari mengecek protokol kesehatan (prokes) yang diterapkan.

Setelah mendapatkan nomor antrean, warga akan diarah untuk validasi data, kemudian baru pengambilan bantuanya. [mfz/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist