Porkota Padang Resmi Dimulai, Ajang Pencarian Bakat yang Diikuti 2.249 Atlet

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Pekan Olahraga Kota (Porkota) Padang resmi dibuka, Rabu (15/12/2021). Selama sepekan ke depan, ribuan atlet dari 11 kecamatan akan bertanding.

Pembukaan Porkota Padang dilaksanakan di Lapangan Upacara Balai Kota Padang di Aie Pacah. Wali Kota Padang Hendri Septa menyebut, Porkota merupakan ajang pencarian atlet berbakat.

“Porkota merupakan salah satu ajang pencarian atlet berbakat, mereka yang telah ditempa melalui latihan secara kontinyu akan dilihat hasilnya melalui ajang Porkota ini,” sebut Hendri Septa di depan seluruh atlet yang akan bertanding.

Hendri Septa mengatakan pencarian atlet berbakat memang harus dilakukan Kota Padang setiap waktu. Sebab, selama ini dirinya melihat dan berkaca melalui hasil PON XX/PAPUA lalu, di mana atlet asal Padang masih kalah jauh dalam perolehan medali dibanding atlet daerah lain di Sumatra Barat yang ikut berlaga di ajang PON tersebut.

“Kota Padang yang tidak pernah terkalahkan oleh daerah lain selama penyelenggaran Porprov Sumbar, ternyata kalah dalam perolehan medali emas dari daerah lain di Sumbar pada PON XX/Papua,” kata Hendri didampingi Kadispora Padang Mursalim Nafis serta Ketua KONI Padang Yusra.

Hendri Septa menekankan, mendapatkan atlet berprestasi di level nasional dan dunia tidak dapat instan. Mesti melewati pembinaan jangka panjang dan berjenjang. Serta latihan kontinyu dan terukur.

“Dengan banyaknya mengikuti berbagai iven olahraga, akan membuat mental dan fiisiknya menjadi terlatih. Karena itu lah kita mengadakan Porkota kali ini untuk mendapatkan atlet yang benar-benar mumpuni,” ulasnya.

Porkota tahun 2021 merupakan iven yang tertunda. Sebab, pada tahun 2020 lalu, ajang ini tidak dapat dilangsungkan karena pandemi Covid-19. Akibatnya, pembibitan atlet menjadi terhenti.

“Melalui Porkota ini, akan terjaring atlet Kota Padang yang akan dipersiapkan mengikuti Porprov Sumbar di tahun 2023 mendatang, serta PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara pada tahun 2024. Karena itu mari ikuti dan sukseskan Porkota kali ini,” ajak Hendri Septa.

Sementara itu, Ketua Panitia Porkota Padang, Erizal Syaf menuturkan seluruh kecamatan di Padang mengikuti Porkota kali ini. Menurutnya, sebanyak 2.249 atlet tampil mengikuti 28 cabang olahraga yang dipertandingkan.

“Seluruh atlet akan memperebutkan 365 set medali,” kata Erizal.

Baca juga: Inovasi Bidang Kebencanaan Kota Padang Raih Penghargaan ‘Smart Society’ Kementerian Kominfo

Porkota Padang Tahun 2021 dipusatkan di GOR H. Agus Salim Padang. Seluruh atlet akan berada di arena olahraga hingga 21 Desember mendatang. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist